Tanggap Bencana, Pemkab HST Dirikan Dapur Umum

0

PEMERINTAH Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA), mendirikan dapur umum bersama personel Tagana, bertempat di Halaman Gedung Juang Barabai, Kamis (27/10/2022).

Plt. Kepala Dinsos PPKB PPPA Wahyudi Rahmad mengatakan, informasi dari Camat Haruyan, kondisi saat ini di Kecamatan Haruyan banjir sudah surut.

Sedangkan hasil konfirmasi dari Camat Barabai kedalaman air masih bertahan dan cenderung meninggi, sehingga dirasa perlu untuk mendirikan dapur umum untuk menyuplai makanan berupa nasi bungkus kepada warga yang terdampak.

Selanjutnya melihat kondisi air yang belum turun serta melihat kondisi cuaca yang masih berpotensi hujan, maka atas izin pimpinan Dinsos PPKB PPPA mendirikan dapur umum untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir.

BACA: 3 Kecamatan Diterjang Banjir, Pemkab HST Tetapkan Status Siaga 1 Darurat Bencana

Bantuan diserahkan kepada para warga yang terdampak banjir berada di 5 kelurahan di Kecamatan Barabai. Sebanyak 1.300 nasi bungkus dari dapur umum disiapkan untuk tiap waktu makan.

Pembagian nasi bungkus selain dilakukan oleh dari Tagana Dinas Sosial PPKB PPPA, dibantu TRC BPBD dan relawan.

Wahyudi menambahkan bahwa bantuan ini adalah sebagai bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah terhadap warga yang terdampak banjir.

“Direncanakan, besok dapur umum juga akan melayani masyarakat yg ada di hilir sungai Barabai yaitu daerah Jaranih dan Masiraan, yang biasanya akan juga terendam akibat kiriman air dari wilayah Barabai,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis prokopim hst
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.