Dipakai Lazismu Al Jihad Banjarmasin, Habib Fathur Bikin Inovasi ATM Beras Tanpa Antre

0

PERNAH viral dengan membikin alat pendeteksi vaksin saat pandemi Covid-19 lalu, Habib Fathurrahman Bahasyim, kini berinovasi dengan membuat alat yang membawa manfaat untuk umat.

ALAT yang dibuat sang Habib Fathur-sapaan akrab buyut Habib Basirih adalah ATM Beras yang sudah terkoneksi ke internet. 

Habib Fathur menerangkan cara kerja alat ini, yaitu dengan menggunakan kartu yang sudah tertanam chip RFID di dalamnya.

“Jadi, Tinggal menempelkan kartu dan menekan pin selayaknya pin ATM biasa, maka masyarakat yang berhak sudah bisa mendapatkan jatah berasnya. Kartu yang digunakan bisa menggunakan e-KTP yang di dalamnya menggunakan chip yang sama,” kata Habib Fathur kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Sabtu (29/10/2022).

BACA : Dilema Revitalisasi Pasar Batuah, Habib Fathur Ingatkan Walikota Ibnu Sina Utamakan Sisi Kemanusiaan

Dengan alat itu, Habib Fathur mengatakan akan lebih memudahkan masyarakat terutama kalangan bawah untuk mengambil beras. Utamanya, beras yang disalurkan badan atau lembaga amil. Termasuk dari pemerintah daerah.

“Tanpa harus antre, karena beras bisa diambil setiap saat tanpa dibatasi waktu,” ujar Pengasuh Majelis Al Mahabbah Kubah Basirih ini.

BACA JUGA : Bedah Buku Berumur Ratusan Tahun, Ternyata Ada Silsilah Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari

Dia menjelaskan kartu dan beras yang disalurkan pun akuntabel. Artinya bisa dipantau berapa kartu yang dikeluarkan, berapa kilogram beras yang sudah disalurkan, dan siapa saja yang mendapatkan jatah pembagian beras, melalui website yang sudah diberikan. 

BACA JUGA : Bentuk Fahmi Tamami di Kalsel, Rhoma Irama Pesan Jaga Masjid dan Mushala dari Kelompok Pembid’ah

“Kemudian beras yang dibagikan pun bisa ditentukan, berapa kilogram per bulan untuk setiap kepala keluarga (KK). Jadi benar-benar tepat sasaran,” ucap Habib Fathur.

Menurut dia, ternyata karnya telah dimanfaatkan oleh Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Cabang Banjarmasin. “Alhamdulillah, sudah running (digunakan) di kantor LazisMu Al Jihad Banjarmasin, dengan disupport oleh UPZ Bank Kalsel Syariah.” katanya.

BACA JUGA : Berhasil Kelola Dana Zakat, Ketua Baznas RI Kunjungi Kebun Sehat Jahri Saleh Banjarmasin

Lebih lanjut, Habib Fathur menambahkan akan terus berinovasi membuat alat-alat yang bermanfaat untuk umat.

“Selama masih ada napas dan kekuatan, saya akan terus berkarya. Insya Allah, usia tidak akan menjadi penghalang untuk saya mendedikasikan diri untuk agama dan umat” tandas Habib Fathur.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.