36 Anggota Panwaslu Kecamatan Dilantik Ketua Bawaslu Tanah Bumbu

0

SEBANYAK 36 orang anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Tanah Bumbu dilantik, sekaligus mengikuti pembekalan untuk Pemilu 2024, oleh Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu, di Hotel Ebony, pada Jumat (28/10/2022).

MENURUT Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu H Kamiluddin Melewa, sesuai amanah undang undang nomor 7 tahun 2017, tentang perubahan Perbawaslu, pembentukan pemilihan umum badan pengawasan pemilihan kabupaten/kota, kecamatan hingga desa, diadakan melalui seleksi.

“Seleksi administrasi, psikotes dan wawancara telah dilaksanakan. Alhamdulillah hari ini ada sebanyak 36 pengawas kecamatan dilantik. Dari 12 kecamatan, masing-masing ada 3 petugas panwaslu yang bertugas,” Kata H kamiluddin Melewa.

Kamiluddin Melewa mengingatkan, tugas pengawas pemilu kecamatan antara lain berkoordinasi instansi pemerintah terkait, serta memiliki tugas meningkatkan pemilih pemilu, selain itu mengawasi juga netralitas petugas, dan menginvestigasi tugas awal apa saja dugaan pelanggaran pemilu.

BACA: Bupati HM Zairullah Azhar Tandatangani MoU Bersama Ketua Bawaslu Tanah Bumbu

“Setelah sumpah dan janji maka tugas sudah bisa dilaksanakan, kedepan semoga menjadi penegak demokrasi bangsa ini,” katanya.

“Kepada unsur terkait, Camat, Kapolsek, serta Danramil, kami titip anggota kami sebagai petugas pengawas pemilu kecamatan, di setiap wilayah kerja bapak, sambungnya.

Bupati HM Zairullah Azhar, melalui Asisten III bidang Administrasi Umum Andi Aminudin mengatakan, atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada petugas Panwaslu Kecamatan.

Panwaslu Kecamatan diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah, serta saling suport sehingga menjalankan tugas pengawasan secara optimal. “Tugas sebagai pengawas tidak ringan bertugas mengontrol dan mencegah pelanggaran menegakkan demokrasi, berperan menjaga Pilkada yang aman segingga tidak ada kecurangan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.