Ada Selada Keriting dan Pakcoy, WBP Lapas Tanjung Panen Sayuran Media Hidroponik

0

WARGA binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIb Tanjung lakukan panen perdana sayuran selada keriting yang dibudidayakan melalui media hidroponik.

KASI Binadik dan Giatja, Hazairin mengatakan warga binaan Lapas Tanjung kembali sukses melakukan pembudidayaan sayuran dengan media hidroponik.

“Dari penyemaian hingga panen ini memakan waktu 35 hari, dan hari ini usaha mereka membuahkan hasil, berupa panen selada keriting,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (26/10/2022).

Saat ini ungkap Hazairin, pihaknya memiliki media tanam hidroponik sebanyak 3 buah, masa panen ini akan dilakukan bertahap dengan selisih 1 minggu per media.

“Dalam setiap media, hasil yang akan dipanen berjumlah 100 batang, dengan menggunakan bibit yang bagus hasilnya yang akan dipanen pun memiliki kualitas yang bagus dan besar,” ucapnya.

Hasil panen ini bebernya akan di bawa oleh petugas ke toko sayur dan toko makanan frozen yang ada di Kabupaten Tabalong.

“Karena masih perdana, jadi perlu pemasaran secara langsung ke toko-toko agar pelanggan bisa melihat langsung sayur hasil dari program pembinaan warga binaan,” ujarnya.

Selain secara offline, Petugas Lapas Tanjung juga melakukan pemasaran hasil pembinaan kemandirian ini melalui media sosial.

Sementara, Kalapas Tanjung, Heru Yuswanto mengaku senang atas keberhasilan program pembinaan kemandirian warga binaan dilapas Tanjung ini.

“Beberapa bulan ini Lapas Tanjung secara berturut-turut berhasil membubidayakan sayur-sayuran melalui media tanam hidroponik,” ujarnya.

Sebelumnya ungkapnya lapas Tanjung melalui warga binaan juga telah melakukan budidaya sayur pakcoy dan berhasil, sekarang budidaya sayur selada keriting juga berhasil.

“Saya sangat mengapresiasi atas usaha dan kerja keras petugas dan warga binaan dalam pembudidayaan sayuran hidroponik ini,” ucapnya.

Mereka bebernya dapat mengelola sayuran melalui media tanam hidroponik dengan baik hingga berhasil panen.

Diketahui, terhitung awal tahun lalu, Lapas kelas IIb Tanjung bekerjasama dengan PT Pertamina Tanjung Field dalam melakukan pembinaan terhadap warga binaannya,

Dalam hal ini Pertamina memberikan pelatihan yang salah satunya pembudidayaan tanaman hidroponik.

Selain pelatihan, Pertamina juga menyediakan kelengkapan hidroponik hingga bibit sayur.

Kini, dalam setengah tahun berjalan, warga binaan lapas Tanjung sudah berhasil melakukan panen atas sayuran yang mereka tanam.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/27/ada-selada-kering-dan-pakcoy-wbp-lapas-tanjung-panen-sayuran-media-hidroponik/

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.