Wamentan Harvick Dorong Sektor Pertanian Kalsel Berkontribusi bagi IKN Nusantara

0

WAKIL Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mendorong sektor pertanian Kalimantan Selatan untuk berkontribusi terhadap Ibukota Negara (IKN) Nusantara.

HARVICK mengatakan kontribusi komoditas pertanian tersebut mulai dari tanaman pangan, perkebunan, hingga lahan rawa.

“Kontribusi sektor pertanian Kalsel untuk IKN yang perlu didorong ada banyak, seperti rawanya, perkebunannya, tanaman pangan, sawitnya. Terus hilirisasinya juga yang tadi saya sampaikan,” kata Wamentan Harvick saat menghadiri Kuliah Umum pada program Pascasarjana di Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarmasin, Senin (24/10/2022).

BACA : BI Bersama TPID Kalsel Selenggarakan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan

Selain itu, Wamentan Harvick juga mendorong agar pemerintah daerah memaksimalkan peran badan usaha milik usaha daerah (BUMD) sebagai off taker.

“Saya juga sampaikan ke Pak Gubernur Kalsel, segera BUMD-nya dimaksimalkan agar program-program pemerintah pusat ini bisa segera terserap,” ucap Harvick.

BACA JUGA : Petani Cabai dan Bawang Merah di HSS Dibekali Pelatihan

Sebagai informasi, selain mengisi kuliah umum di ULM, kunjungan kerja Wamentan Harvick di Kalimantan Selatan ini dalam rangka mengakselerasi pembangunan pertanian untuk menyambut IKN Nusantara. Salah satunya, mengendalikan inflasi dengan melakukan tanam cabai di Kabupaten Tapin.

“Besok, kita mau tanam dan panen cabai di Kabupaten Tapin. Yang kita lihat di Kalsel ini akan kami sampaikan ke Pak Presiden  mengenai kesiapan Kalsel soal Ibukota Nusantara ini,” ujarnya.

BACA JUGA : Ribuan Bibit Cabai Untuk Cegah Inflasi

Sementara itu, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr Ahmad Alim Bachri menuturkan bahwa Kalimantan Selatan merupakan gerbang bagi IKN Nusantara.

“Sehingga kita harus menjadi kota penyangga IKN Nusantara, seperti produk-produk pertanian dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.