Sehari, 24 Peserta Ikuti Lomba Tafsir Quran Indonesia-Inggris, Kafilah Kalsel Target Masuk 3 Besar

0

CABANG lomba tafsir Alquran Bahasa Indonesia dan Inggris dalam MTQ Nasional XXIX 2022 Kalimantan Selatan digelar di Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru.

LOMBA ini dihelat sejak Kamis (13/10/2022) hingga berakhir pada Senin (17/10/2022) mendatang. Koordinator Cabang Lomba Tafsir Alquran, Ahmad Faisal mengungkapkan dalam lomba ini peserta dibagi dua. Yakni, tafsir Quran dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

“Lomba tafsir Quran bahasa Inggris dimulai pukul 08.00 hingga 12.00 Wita. Dilanjutkan lomba tafsir Quran bahasa Indonesia pada pukul 13.00 sampai 17.00 Wita,” tutur Faisal kepada jejakrekam.com, Jumat (14/10/2022).

BACA : Akomodasi Kafilah MTQ Nasional XXIX 2022 Difasilitasi SKPD Pemprov Kalsel, Ini Titik Sebarannya!

Menurut dia, dalam sehari ada 24 peserta lomba tediri dari 12 peserta tafsir Indonesia dan 12 Bahasa Inggris. Para peserta sudah masuk kategori putra-putri.  Faisal melaporkan selama dua hari pelaksanaan lomba tafsir Quran di Asrama Haji tersebut berjalan lancar karena sudah dipersiapkan secara maksimal. 

“Alhamdulillah, pelaksanaannya berjalan lancar. MTQ ini sebenarnya bukan mengharapkan kejuaarannya saja, tetapi juga dengan MTQ ini harapannya dapat menjadi media syiar islam. Menjadi dakwah buat masyarakat sekitar untuk  tergugah menghapal dan semakin mencintai Al Quran,” ucap Faisal.

BACA JUGA : Berpantun dan Pukul Bedug, Wapres Ma’ruf Amin Resmi Buka MTQ Nasional XXIX Kalsel 2022

Sementara itu, kontestan mewakili Kafilah Kalsel, Ahmad Fikli yang mengikuti cabang lomba Tafsir Alquran menuturkan rasa syukur karena sudah berusaha menampilkan yang terbaik.  “Mudahan hasilnya juga yang terbaik, semuanya kita pasrahkan kepada Allah SWT,” ucap Fikli.

Dirinya mengaku sudah berlatih dan mempersiapkannya sejak Desember 2021 lalu. Namun, Fikli mengaku sempat blank akibat demam panggung. “Hapalan dari juz 1 sampai juz 15. Dan untuk tafsir di juz 11. Kesulitannya, tadi di akhir sempat blank karena demam panggung, tapi semoga tidak mengurangi poin terlalu banyak,” ucapnya.

BACA JUGA : Ketua LPTQ Jamin 135 Dewan Hakim MTQ Nasional XXIX 2022 Dipilih adalah Orang Punya Integritas

Fikli berharap dengan segala persiapannya, dapat masuk 3 besar cabang lomba tafsir Quran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada MTQ Nasional XXXIX 2022 kali ini.

“Targetnya mudahan bisa masuk tiga besar. Karena tahun lalu sudah masuk peringkat kedelapan, kali ini saya optimis bisa masuk,” ucapnya.

BACA JUGA : Dukung MTQ Nasional, XL Axiata Perkuat Jaringan di Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar

Sebelumnya diketahui, Fikli sudah pernah mewakili Kalsel di berbagai lomba sejak tahun 2008 silam. Mulai cabang fahmil Quran selama empat tahun kemudian tahfiz Quran selama empat tahun. 

“Alhamdulillah. berlanjut ke cabang tafsir Alquran sejak 2016 lalu juga pernah ikut tafsir Quran di MTQ Nasional XXVI Lombok, Nusa Tenggara Barat,” beber Fikli.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.