Berhasil Kelola Dana Zakat, Ketua Baznas RI Kunjungi Kebun Sehat Jahri Saleh Banjarmasin

0

KEBERHASILAN pengelolaan kebun urban dengan sistem hidroponik dalam budidaya sayur di Kebun Sehat Kelompok I dan II di bawah binaan Pemkot Banjarmasin dan Baznas Provinsi Kalsel, meraih atensi.

KETUA Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI Noor Achmad didampingi Wakil Ketua Baznas Provinsi Kalsel, HM Syarbani Haira mengunjungi Kebun Sehat Kelompok I dan II di Jalan Jahri Saleh, Kelurahan Surgi Mufti, Banjarmasin, Kamis (13/10/2022).

Kekaguman Noor Achmad bersama rombongan karena keberhasilan Kebun Sehat yang menghasilkan produk perkebunan alami dari teknik budidaya tanaman dengan menggunakan media pipa dan air mengalir itu.

“Tanaman sayur mayur yang ada di Kebun Sehat ini telah berhasil dikerjakan para emak-emak secara mandiri,” puji Ketua Baznas RI, Noor Achmad saat berada di Kebun Sehat Kelompok I dan II.

BACA : Salurkan Hasil Zakat, Baznas HSS-Kalsel Kolaborasi Bantu Modal Usaha bagi Penerima Manfaat

Dia mengakui modal awal pembangunan Kebun Sehat di Komplek Jahri Saleh ini bersumber dari dana zakat yang disalurkan Baznas Kota Banjarmasin dan Baznas Provinsi Kalsel.

“Dari dana zakat warga yang mampu itu dikumpulkan Baznas dan kemudian disalurkan bukan dalam bentuk uang tunai, tapi berupa modal usaha. Terbukti, Kebun Sehat Kelompok I dan II ini berhasil mengembangkannya,” ucap Noor Achmad.

Sementara itu, Ketua Kelompok I Kebun Sehat Jahri Saleh, Hamdanah mengakui gembira dengan kunjungan Ketua Baznas RI ke kebunnya.

BACA JUGA : Luncurkan Produk Kopi Amil, Baznas Kalsel Promosikan Ngopi Sambil Berdonasi

Hamdanah dan kelompoknya memulai kebun sayur hidroponik ini pada 2018. Dalam kebun yang dikelilingi jaring peneduh dengan konstruksi rangka almunium ini berdiri di atas lahan seluas 20×20 meter, bekas penampungan sampah di komplek perumahan itu.

Di dalam kebun itu, ditanam berbagai sayur bernilai ekonomis tinggi di pasaran seperti daun seledri (daun sop), pakcoy, selada hingga selada merah.

“Kami sengaja menggunakan teknologi hidroponik karena tingkat keberhasilan dan masa panennya lebih cepat dibandingkan media tanah,” ucap Hamdanah.

BACA JUGA : Luncurkan Program Bakti Banua, Baznas Kalsel : Demi Jaga Alim Ulama dan Anak Yatim

Menurut dia, dari hasil perkebunan hidroponik itu yang berawal dari dana zakat sebagai modal telah berhasil menghidupkan perekonomian beberapa kepala keluarga di kawasan Jalan Jahri Saleh.

Dia mengungkapkan ada dua kelompok yang mengelola Kebun Sehat bantuan dari Baznas. Yakni, kelompok I dan kelompok II, masing-masing terdiri 10 orang dalam setiap kelompok.

“Semua anggota kelompok Kebun Sehat ini merupakan single parent (orangtua tunggal),” kata Hamdanah.

BACA JUGA : Wakil Walikota Arifin Noor Minta Baznas Beli Tanah untuk Bangun Rumah Dhuafa

Menurut dia, dengan teknologi hidroponik, berbagai jenis sayur itu rata-rata hanya butuh 40 hari untuk bisa dipanen. Rata-rata omzet penjualan sayur siap panen yang didapat Hamdanah dan kawan-kawan mencapai Rp 2 juta per kelompok.

Hamdanah menjelaskan seperti daun selidri siap panen lebih mahal dijual Rp 60 ribu per kilogram. Sedangkan, daun selada hijau dan merah masing-masing Rp35 ribu per kilogram. Pakcoy lebih tinggi seharga Rp 50 ribu per kilogram.

“Untuk para pembeli sayur dari Kebun Sehat, kelompok I dan II ini sudah ada langganan. Utamanya, para pengusaha burger, warung makan dan lainnya yang tiap hari membeli ke sini,” kata Hamdanah.

BACA JUGA : Tercepat Bentuk UPZ dan Terbanyak Setoran, Direktur RSUD Ulin Raih Penghargaan dari Baznas Kalsel

Sementara itu, Staf Pemberdayaan Masyarakat Baznas Provinsi Kalsel, Zumratun Nisa mengakui kedatangan Ketua Baznas RI ini ingin melihat langsung keberhasilan pengelolaan Kebun Sehat di Jalan Jahri Saleh, Banjarmasin.

“Dari bantuan hasil zakat yang dihimpun Baznas Kalsel, dua kelompok penerima manfaat bisa membangun, mengelola dan mengembangkan Kebuh Sehat sejak 2018 lalu. Walau kebun ini sempat diterjang angin kencang beberapa waktu lalu, namun akan segera kita perbaiki,” ucap Zumratun Nisa.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/tag/baznas-provinsi-kalsel/
Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.