Cegah Penyebaran PMK, Satgas Gabungan Tabalong Kembali Periksa Kandang Ternak di Kelua

0

PEMKAB Tabalong melalui Satgas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) gabungan terus awasi kondisi peternakan sapi dan kambing yang ada di Kabupaten setempat.

SATGAS PMK gabungan yang terdiri dari Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tabalong, TNI, Polri dan Kejaksaan Tabalong menyasar peternakan yang ada di Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong, Senin (10/10/2022).

Drh Mega Indah Suryani yang memimpin pelaksanaan cegah PMK ini mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan PMK terhadap hewan-hewan ternak yang di Kabupaten Tabalong.

“Dalam kegiatan ini, kami melakukan penyemprotan kandang, vaksinasi dan pemberian vitamin kepada hewan ternak yang dikunjungi,” ujar Mega Indah.

BACA : Pertahankan Zona Hijau, Gubernur Kalsel Minta Satgas Terus Tingkatkan Kewaspadaan PMK di Kalsel

Dalam mencegah PMK kali ini dilakukan pada kandang hewan ternak kambing milik warga Desa Karangan Putih dan Desa Bahungin, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong.

Dalam kesempatan itu, Satgas PMK mengimbau kepada pemilik kambing agar lebih memperhatikan kesehatan kambingnya dan kebersihan kandang.

“Kami mengimbau kepada pemilik kambing agar lebih berhati-hati pada saat akan mendatangkan kambing dari luar daerah,” ucap Mega Indah.

BACA JUGA : Gubernur Kalsel Terima Piagam Perhargaan Pembebasan PMK Dari Mentan RI

Sebelum dimasukkan kandang, dia mengingatkan hendaknya dilakukan dulu pemeriksaan pada hewan-hewan ternak yang baru datang tersebut.

“Segera hubungi Dinas Peternakan Kabupaten Tabalong, apabila ditemukan kambing yang terlihat sakit dengan ciri-ciri PMK,” kata Mega Indah.

“Alhamdulillah, dalam pemeriksaan kali ini secara fisik tidak ditemukan hewan ternak kambing yg terjangkit PMK,” tuturnya.

BACA JUGA : Ombudsman Pantau Penanggulangan dan Pengendalian PMK di Kalsel

Sementara itu, Kapolres Tabalong, AKBP Riza Muttaqin melalui PS Kasubsi Penmas Sihumas Polres Tabalong Aipda Yudha Pratama mengatakan selama pemeriksaan Polres Tabalong turut serta mendampingi Disbunnak Tabalong dalam pengamanan giat cegah PMK di Tabalong.

“Alhamdulillah, selama kegiatan berlangsung pelaksanaannya berjalan tertib dan lancar,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.