Berpantun dan Pukul Bedug, Wapres Ma’ruf Amin Resmi Buka MTQ Nasional XXIX Kalsel 2022

0

WAKIL Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin resmi membuka perhelatan MTQ Nasional XXIX 2022 Kalimantan Selatan di Astaka Utama Kiram Park, Karang Intan, Kabupaten Banjar, Rabu (12/10/2022).

PERHELATAN yang digeber pada 10-19 Oktober 2022 dipusatkan tiga lokasi dengan 12 venue tersebar di Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

Dalam MTQ Nasional XXIX 2022 dengan Kalsel sebagai tuan rumah diikuti 1.676 peserta dari 34 provinsi se-Indonesia dibagi dalam 8 cabang, 23 golongan dan 2 kategori. Untuk 8 cabang itu adalah Seni Baca Alquran, Hapalan Alquran, Tafsir Alquran, Syarhil Quran, Kaligrafi, Qiraat Alquran, Fahmil Quran dan cabang Karya Tulis Alquran (KTIQ).

Kalsel sendiri kali kedua menjadi tuan rumah MTQ Nasional. Even dua tahunan gelaran Kementerian Agama (dulu Departemen Agama), Kalsel pernah jadi tuan rumah MTQ Nasional III 1970 di Banjarmasin, sejak perhelatan ini digeber pada 1968 diawali di Kota Makassar (dulu, Ujung Pandang), Sulawesi Selatan.

BACA : Ketua LPTQ Jamin 135 Dewan Hakim MTQ Nasional XXIX 2022 Dipilih adalah Orang Punya Integritas

Saat prosesi pembukaan ditampilkan atraksi budaya Banua berupa tarian senoman hadrah di panggung utama, hingga defile kafilah MTQ Nasional XXIX 2022. Pemukulan bedug dilakukan Wapres Ma’ruf Amin usai memberi sambutan menandainya pembukaan MTQ Nasional XXIX Kalsel 2022.

“Saya berharap MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca  Alquran, tetapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Alquran,” ucap Wapres Ma’ruf Amin.

BACA JUGA : Batal Dibuka Presiden Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin akan Buka MTQ Nasional XXIX di Kiram Park

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini berharap MTQ bisa meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka. Selain itu, sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah.

Defile kafilah MTQ Nasional XXIX 2022 Kalsel di Kiram Park yang dipusatkan Astaka Utama Kiram Park, Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Kalsel. (Foto Iman Satria)

Mantan Rais A’am PBNU Ini juga menyampaikan MTQselain sebagai ajang perlombaan untuk menjadi juara, momen ini juga baik untuk menjadi forum memperkuat tali silaturahmi antar umat.

BACA JUGA: Ucapkan Selamat Datang ke Kalsel, Parade Jukung Hias Meriahkan Even MTQ Nasional XXIX di Banjarmasin

“Saya optimis, MTQ dapat terus dilaksanakan dalam rangka memperkokoh silaturrahim dan kebersamaan, sehingga dapat bersinergi membangun keberagaman, perekonomian bangsa, dan kesejahteraan rakyat menuju Indonesia Maju,” tutur Ma’ruf Amin.

Menariknya, Wapres Indonesia ke-13 ini sempat berpantun dan menyebutkan beberapa kuliner khas Banua, seperti ketupat Kandangan, soto Banjar dalam bait pantunnya.

“Alquran harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus menjadi solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa,” kata Ma’ruf Amin.

BACA JUGA : Dukung MTQ Nasional, XL Axiata Perkuat Jaringan di Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berharap agar MTQ Nasional XXIX 2022 ini tidak hanya sukses secara penyelenggaraannya. Namun, kata dia, juga semakin memupuk ketakwaan dan keIilaman seluruh umat muslim di Indonesia.

“Bagi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memegang tanggung jawab besar dalam menyukseskan MTQ Baik sukses dari sisi penyelenggaraan dan prestasi bagi Kalimantan Selatan dan Indonesia. Lebih dari itu, tentu substansi dan makna MTQ di Provinsi Kalimantan Selatan kiranya menggerakkan seluruh umat Islam untuk lebih mencintai Islam,” beber Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini.

BACA JUGA : Registrasi Ulang Peserta MTQ Nasional XXIX Di Kalsel, Kemenag Manfaatkan Teknologi Digital Sidik Jari

Selain Gubernur Sahbirin Noor, turut hadir Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, para gubernur se-Indonesia, tokoh agama tokoh masyarakat, baik yang hadir secara luring maupun daring.(jejarkekam)

Penulis Iman Satria/Balsyi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.