Akses Jembatan Paringin Ditutup, BPJN Kalsel Garap Pengecoran Lantai Jembatan Ditaksir 5 Hari

0

DEMI memuluskan pekerjaan perbaikan Jembatan Paringin lewat pengecoran lantai, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Kalimantan Selatan, menutup akses lalu lintas sementara pada Rabu (12/10/2022) malam.

DITAKSIR proses pengecoran lantai Jembatan Paringin akan memakan waktu sekitar 5 hari hingga pengeringan seme cor, sejak penutupan jembatan.

Pantauan di lapangan, Rabu (12/10/2022) malam, aktivitas penutupan akses lalu lintas Jembatan Paringin sudah dimulai pihak Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Kalimantan Selatan atau Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel.

Pejabat Pembuat Komitmen 2.4 BPJN Kalsel, Dwi Wahyono mengungkapkan proses perbaikan Jembatan Paringin dengan pengecoran lantai akan berlangsung selama beberapa hari.

BACA : Dianggarkan Rp 2,5 Miliar, Perbaikan Jembatan Paringin Rampung Dalam 2 Bulan

“Kalau bisa mulai sekarang, kami sudah produksi beton, mungkin dua jam lagi datang beton,” ucap Dwi Wahyono kepada awak media di Paringin.

Dwi mengatakan pihaknya sebisa mungkin berupaya untuk cepat menyelesaikan pengerjaan Jembatan Paringin. Satu langkah di antaranya menutup jembatan sementara proses pengecoran.

“Kami juga akan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanganannya, baik itu fisik jembatan, maupun pengalihan arus,” kata Dwi.

BACA JUGA : Kendaraan Roda 6 Lebih Dilarang Melintas, BPJN Kalsel Segera Perbaiki Jembatan Paringin

Ia menjelaskan untuk proses pengecoran bisa rampung dalam sehari. Namun yang membutuhkan waktu adalah pengeringan cor selama kurang lebih lima hari.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Balangan, AKP Imam Suryana menerangkan, saat masa pengeringan, kendaraan roda dua masih bisa melintas di jembatan. Kendati demikian, mekanisme lewat pun diatur secara bergantian dan tak lepas dari pengawasan petugas.

BACA JUGA : Jalan Hanya Kelas III, Pemkab HSU Terbitkan 8 Aturan Rekayasa Lalu Lintas Imbas Rusaknya Jembatan Paringin

Sementara untuk roda empat yang dari arah Tanjung dialihkan ke jalur alternatif melalui Desa Bungin yang tembus ke eks ban besar Batu Piring. Sedangkan dari arah Banjarmasin, dialihkan ke jalan Muara Pitap (Simpang Empat Masjid Al-Akbar) tembus ke Gunung Pandau, lalu tembus di Bundaran Paringin.

Kemudian, kendaraan roda enam ke atas yang dari arah Tanjung dialihkan ke Jalan Lampihong tembus ke Batumandi, begitu pula sebaliknya.

BACA JUGA : Digarap Kontraktor Asal-Asalan, LSM SECI Kalsel : Wajar Jembatan Paringin Rusak Parah!

Sebelumnya, BPJN Kalsel juga telah memberitahukan soal penutupan akses Jembatan Paringin untuk lalu lintas kepada Kapolres Balangan dan Kepala Dishub Kabupaten Balangan melalui suratnya bernomor PW0204-Bb11.6.4/67, tanggal 10 Oktober 2022.

Ada dua poin dalam suratnya untuk penutupan akses Jembatan Paringin, demi menghindari adanya getaran berlebih saat pekerjaan pengecoran lantai jembatan tersebut.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/12/akses-jembatan-paringin-ditutup-bpjn-kalsel-garap-pengecoran-lantai-jembatan-ditaksir-5-hari/
Penulis Gian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.