19 Parpol Lolos Verifikasi Administrasi, KPU Banjarmasin Bersiap Lakukan Verifikasi Faktual

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin telah usai menjalankan tahapan perbaikan verifikasi administrasi. Tercatat, ada 19 parpol lolos verifikasi administrasi, dan dicantumkan sebagai partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 di Kota Banjarmasin.

KETUA KPU Kota Banjarmasin Rahmiati Wardah mengatakan, dari 24 Parpol yang terdaftar di Sipol KPU, hanya 19 parpol yang telah melakukan perbaikan administrasi. “Sisanya, sebanyak 5 parpol yang tidak melakoni hal serupa,” ujarnya saat Gelaran Sosialisasi Tahapan Pemilu tahun 2024 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (11/10/2022).

Dari 19 parpol yang ada, Rahmiati menyebut tercatat 9 parpol diantaranya adalah parpol eksisting yang saat ini ada di DPR RI.

BACA: Laga Pemilu 2024, Pengamat Benua Institute Prediksi Hanya 9 Parpol yang Lolos PT 4 Persen

“Sembilan parpol telah memenuhi parliamentary threshold atau ambang batas parlemen sebesar 4 persen. Sisanya 10 parpol yang tidak mencapai parliamentary threshold di DPR RI,” bebernya.

Dia menegaskan, bagi parpol yang belum pernah ikut serta dalam pemilu, maupun parpol yang telah ikut pemilu namun tak mencapai parliamentary threshold, akan menjalani verifikasi faktual oleh KPU, khususnya di KPU Banjarmasin dimulai tanggal 15 Oktober mendatang.

Terkait kelolosan parpol tersebut kata Rahmiati, bukan diputuskan oleh KPU Banjarmasin, melainkan KPU Republik Indonesia. “Lolos atau tidak lolosnya, memenuhi syarat atau tidaknya sebuah parpol sebagai peserta pemilu itu yang menetapkan KPU RI, bukan dari KPU kota atau provinsi,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.