TMMD ke-115 Tabalong Resmi Dimulai, Bupati Anang: Wujud Kebersamaan Pemkab Tabalong dengan TNI

0

PELAKSANAAN TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun 2022 di Desa Pamarangan Kanan dan Desa Murung Baru Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong resmi dimulai, Selasa (11/10/2022).

PERESMIAN berlangsung di Lapangan Sepakbola Kecamatan Tanta ditandai dengan penyerahan peralatan kerja berupa cangkul dan sekop serta pelepasan puluhan balon ke udara oleh Bupati Tabalong, Dandim 1008/Tabalong serta Forkopimda setempat.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani mengatakan dilaksanakan TMMD ini menandai wujud kebersamaan dan kerjasama nyata antara Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan TNI.

“Karena seperti kita ketahui, pelaksanaan TMMD ini merupakan perwujudan manunggalnya TNI dengan rakyat,” ujar Bupati Anang Syakhfiani, dalam sambutannya.

BACA : Pemkab Tabalong Kucurkan Rp 15 Miliar Untuk TMMD Kodim 1008/Tanjung

Menurut dia, Pemkab Tabalong selalu memberi dukungan atas pelaksanaan TMMD ini. Dukungan tidak hanya diberikan oleh Pemkab Tabalong, namun juga diberikan oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat sekitar pelaksanaannya.

Program TMMD ini, dinilai Anang merupakan salah satu cara TNI untuk hadir di tengah-tengah masyarakat. “Dalam TMMD ini, TNI hadir dengan semangat gotong royong, bahu membahu membangun infrasruktur dan juga membangun mental masyarakat,” ucap bupati dua periode ini.

BACA JUGA : TMMD ke-110 Kodim 1008/Tanjung Ditutup, Danrem Apresiasi Dukungan Pemkab Tabalong

TMMD, beber dia, bukan semata hanya membangun prasarana fisik saja, namun membangun semangat dan rasa percaya masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi ancaman dan tantangan.

“Kami ingin rakyat semakin sejahtera dan mandiri. Melalui TMMD secara bertahap namun pasti selalu ingin meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat,” tutur Anang.

Sementara, Dandim 1008/Tabalong Letkol Czi NRP Catur Witanto mengatakan dalam TMMD ke-115, ada tiga sasaran yang menjadi target pelaksanaannya, yakni sasaran fisik, sasaran tambahan dan sasaran non fisik.

BACA JUGA : TMMD ke-110 Tabalong: Tentara Bangun Jalan Desa Lok Batu-Kembang Sepanjang 3,4 Kilometer

“Untuk sasaran fisik meliputi pembuatan badan jalan sepanjang 1,2 kilometer dengan lebar 6 meter, pembuatan jembatan box culvert dan pemasangan gorong-gorong di lima titik,” ujarnya.

Berikutnya, sasaran tambahan meliputi rehab mushola, rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 2 unit dan pembangunan siskamling sebanyak 1 unit.

“Sedangkan sasaran non fisik meliputi penyuluhan-penyuluhan yang diberikan instansi-instansi terkait kepada masyarakat,” kata Catur Witanto.

BACA JUGA : Danrem 101/Antasari: Tingkatkan Akselerasi Pembangunan Daerah Melalui TMMD

Masih kata dia, penyuluhan itu mencakupwawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan keluarga berencana, pertanian, kamtibmas, bahaya narkoba, rekrutman TNI dan beberapa penyuluhan lainnya.

Dalam kesempatan ini Dandim 1008/Tabalong mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Tabalong dan Pemprov Kalsel melalui Dinas PMD i yang telah mengucurkan bantuan dana dalam mendukung pelaksanaan TMMD.

“Kami berharap dalam pelaksanaan TMMD ke-115 ini dapat berjalan lancar dan semua sasaran pekerjaan dapat selesai 100 persen sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan,” pungkas Catur.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.