Paman Birin Pukul Bedug, MTQ Nasional XXIX 2022 di Kalsel Hanya Diikuti Kafilah 27 Provinsi

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor memukul bedug tanda dimulainya pawai ta’aruf MTQ Nasional XXIX 2022 di ruas Jalan A Yani, Martapura. Ternyata, MTQ kali ini hanya diikuti 27 provinsi se-Indonesia.

MASYARAT Kabupaten Banjar yang menjadi salah satu tuan rumah venue MTQ pun menyambut antusias parade atau iring-iringan diawali dari Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS), Martapura, Selasa (11/10/2022) pagi.

Gubernur Sahbirin Noor meminta agar masyarakat Banjar, umumnya Kalsel mendukung kesuksesan Banua sebagai tuan rumah dalam menghelat even dua tahunan itu. Parader kafilah peserta MTQ Nasional XXIX 2022 ini diawali dengan atraksi tarian senoman hadrah.

“Pawai ta’aruf MTQ Nasional XXIX 2022 di Kalsel, bukan semata-mata hanya untuk kebiasaan setiap kali penyelenggaraan MTQ. Namun, dari sini, kita ingin mengajak masyarakat untuk berbondong-bondong untuk datang menonton ke arena MTQ. Lewat  pawai ta’aruf ini juga bisa memperkenalkan berbagai budaya yang beraneka beragam,” tutur Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini didampingi Bupati Banjar Saidi Mansyur, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel HM Tambrin bersama jajarannya.

BACA : Registrasi Ulang Peserta MTQ Nasional XXIX Di Kalsel, Kemenag Manfaatkan Teknologi Digital Sidik Jari

Sementara itu, Ketua Pelaksana MTQ Nasional XXIX 2022 Kalsel, M Syarifuddin mengungkapkan awalnya even berbagai cabang lomba ini akan diikuti 34 provinsi se-Indonesia.

Pawai ta’aruf MTQ Nasional XXIX 2022 yang berlangsung di Lapangan CBS Martapura sebagai titik start dengan rute Jalan A Yani Martapura-Simpang Empat Banjarbaru. (Foto Humas Pemkab Banjar)

“Ternyata dari laporan terakhir, hanya akan diikuti 27 provinsi. Ada beberapa provinsi tidak mengirimkan kafilah dalam MTQ Nasional XXIX 2022 Kalsel,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel ini.

BACA JUGA : Panggung Utama MTQ XXIX Dilengkapi Digital LED, Polda Kalsel Kerahkan 7.000 Personel Gabungan

Dia menyebut provinsi yang tidak mengirimkan kafilah di antaranya Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Bengkulu dan beberapa provinsi lainnya.

“Kami belum mengetahui persis alasan mereka tak ikut MTQ Nasional XXIX 2022 di Kalsel. Sebab, masing-masing provinsi punya kebijakan masing-masing,” kata Syarifuddin.

BACA JUGA : Hotel dan Penginapan Penuh, Pasarkan Produk, Pelaku UMKM Bisa Manfaatkan Even MTQ Nasional XXIX

Duta pawai ta’aruf MTQ Nasional XXIX 2022 dari Provinsi Kalteng, Rory Agustina Putri mengakui kagum karena sambutan hangat dari warga Kalsel, khususnya Kabupaten Banjar atas pawai ta’aruf.

“Kami disambut ribuan masyarakat dari berbagai kalangan, baik dewasa maupun anak-anak, termasuk dari kalangan pelajar. Ini membuktikan Kalsel memang serius dan sangat siap menjadi tuan rumah MTQ Nasional XXIX 2022,” tutur model Kalteng ini.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.