MTQ Nasional XXIX akan Dibuka Jokowi, Helikopter Presiden Dijadwalkan Mendarat di Alam Roh

0

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan membuka perhelatan MTQ Nasional XXIX 2022 Kalimantan Selatan di Kiram Park, Desa Kiram, Karang Intan, Kabupaten Banjar pada Rabu (12/10/2022) mendatang.

HAL ini menyusul adanya persiapan pengamanan bagi orang nomor satu di republik ini, sembari menunggu kedatangan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) ke Kalsel.

Untuk pengamanan, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito memastikan skema pengamanan penuh diberlakukan dengan menerjunkan 2.500 personel gabungan TNI/Polri. Terkhusus lagi, untuk pengamanan VIP presiden dan wakil presiden setibanya di Kalsel.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kalsel Ahmad Solhan mengungkapkan untuk lokasi pendaratan helikopter Presiden Jokowi telah disiapkan di kawasan Alam Roh.

BACA : Hotel dan Penginapan Penuh, Pasarkan Produk, Pelaku UMKM Bisa Manfaatkan Even MTQ Nasional XXIX

Untuk diketahui, kawasan Situs Alam Roh dikenal dengan Monumen ALRI Divisi IV sebagai kawasan cagar budaya Kemendikbudristek di Desa Pakualam RT 2, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

“Untuk pengamanan Presiden RI sudah dikoordinasikan dengan pihak Korem 101/Antasari, Polda Kalsel dan Lanud Sjamsudin Noor. Tinggal pemantapan saja,” ucap mantan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar ini kepada awak media di Banjarmasin, Senin (10/10/2022).

BACA JUGA : Panggung Utama MTQ XXIX Dilengkapi Digital LED, Polda Kalsel Kerahkan 7.000 Personel Gabungan

Untuk sebaran lokasi lomba terdapat 12 venue tersebar di Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura (Kiram) Kabupaten Banjar. Mengenai pengamanan Polda Kalsel mengerahkan kekuatan penuh dengan menerjunkan 7.000 personel terutama di titik-titik venue MTQ XXIX 2022 yang tersebar di tiga daerah di Kalimantan Selatan.

Ini daftar12 Venue atau Arena MTQ Nasional XXIX Kalsel 2022 di Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura (Kiram Park). (Foto Istimewa)

Di Kabupaten Banjar yang menjadi pusat perhelatan MTQ XXIX 2022 Kalsel dengan penggung utama (astaka utama) di Kiram Park, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan, Gedung STAI Darussalam Martapura, Madrasah Darussalam Tahfiz dan Ilmu Alquran di Tanjung Rema, Martapura dan Masjid Nurul Iman Indrasari Martapura.

BACA JUGA : Kafilah MTQ Mulai Datang, Bandara Syamsudin Noor Siapkan 4 Area Penyambutan

Sedangkan, di Banjarmasin digelar cabang hifzil quran golongan 10 juz dan 20 juz di Masjid Jami Banjarmasin, Aula Serba Guna Masjid Raya Sabilal Muhtadin (cabang hifzil Quran golongan 30 juz dan tafsir Quran serta cabang bahasa Arab).

Sementara di Banjarbaru, dipusatkan di Gedung Idham Chalid Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel untuk cabang fahmil Quran, Aula ULM Banjarbaru digelar lomba cabang karya tulis ilmiah Alquran, Aula BPSDM Provinsi Kalsel untuk venue cabang syarhil Quran, dan Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru untuk cabang tafsir bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.