Diprotes Pemprov Kalsel, Paman Birin Malah Resmikan Manis Food Street Festival Pemkab Banjar

0

MESKI diprotes Sekdaprov Roy Rizali Anwar dan Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, ternyata Gubernur Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin justru meresmikan Manis Food Street Festival 2022 di Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Minggu (9/10/2022).

SEBELUMNYA, Pemprov Kalsel melayangkan nota protes menyuarakan protes dari Panitia Pelaksana MTQ Nasional XXIX Kalsel dengan PT Noopedi Ahza Indonesia karena juga menggelar pameran bertajuk MTQ Nasional Kalsel Expo terpusat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura. Lokasi pameran pun tak jauh dari even milik Pemkab Banjar.

Ternyata, sikap berbeda justru ditunjukkan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Dengan mengenakan kaos dibalut rompi hitam dan kaca hitam, Paman Birin justru datang meresmikan acara festival jajanan jalanan digawangi Dekranasda Kabupaten Banjar itu.

BACA : Hotel dan Penginapan Penuh, Pasarkan Produk, Pelaku UMKM Bisa Manfaatkan Even MTQ Nasional XXIX

Paman Birin datang disambut dengan grup sinoman hadrah, Annida dari Kampung Melayu, Martapura didampingi Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Ketua Dekranasda Banjar Hj Nurgita Mansyur, Martapura, Minggu (9/10/2022) sore.

Pembukaan Manis Steet Food Festival di Lapangan CBS Martapura, ditandai dengan pemukulan gong oleh Paman Birin disaksikan Bupati Saidi Mansyur bersama Wakil Bupati Banjar Said Idrus al-Habsyie serta jajaran pejabat lainnya.

BACA JUGA : Panggung Utama MTQ XXIX Dilengkapi Digital LED, Polda Kalsel Kerahkan 7.000 Personel Gabungan

“Even Manis Food Street Festival ini dapat meningkatkan kelas para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar semakin berkualitas dan berdaya saing,” ucap Paman Birin, dalam sambutannya.

Menurut dia, festival gelaran Pemkab Banjar bisa jadi harapan bagi tamu dari Nusantara Indonesia bisa menikmati sajian yang diberikan di even tersebut.

“Saya pesan karena Kalsel sebagai tuan rumah MTQ Nasional XXIV, maka beri pelayanan terbaik kepada setiap tamu yang datang khususnya di Kabupaten Banjar,” tegas Ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini.

BACA JUGA : Bikin Manis Street Food Festival di CBS Martapura, Pemprov Kalsel Protes Bupati Banjar Saidi Mansyur

Senada itu, Bupati Banjar Saidi Mansyur berterima kasih atas Dekranasda dan seluruh pihak sponsor yang telah mewujudkan Manis Street Food Festival 2022 ini.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat yang hadir serta pelaku usaha kuliner. Termasuk, para peserta yang turut berpartisipasi,” ucap mantan Wabup Banjar ini.

Bupati Saidi Mansyur bersama Wabup Banjar Said Idrus al-Habsyie bersama jajarannya saat memperlihatkan produk yang dijual UMKM di Manis Street Food Festival 2022 di Lapangan CBS, Martapura. (Foto Istimewa untuk JR)

Putra pengusaha tambang H Mansyur ini mengatakan even Manis Food Street Festival ini juga untuk memeriahkan dan menyambut MTQ Nasional XXIX 2022 berlangsung pada 10-19 September 2022.

BACA JUGA : Kafilah MTQ Mulai Datang, Bandara Syamsudin Noor Siapkan 4 Area Penyambutan

“Bagi peserta Manis Street Food Festival agar menjaga kebersihan, keindahan dan juga kehigienisan makanan yang disajikan sehingga kegiatan yang berlangsung satu minggu ini nantinya berjalan dengan baik,” tutur Saidi Mansyur.

Even Manis Street Food Festival digeber pada 8-19 Oktober 2022 dengan melibatkan pelaku UMKM, pemerintah daerah, perbankan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan organisasi kepemudaan sebanyak 70 tenan.

BACA JUGA : Pemprov Kalsel Apresiasi Gerak Cepat PT PLN UWI Kalselteng Sukseskan MTQ XXIX Tahun 2022

Kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagai lomba yang bernuansa islami, pentas seni dan budaya serta beberapa kegiatan edukasi lainnya.

Sebelum meninjau stand Manis Street Food Festival, Bupati Saidi Mansyur didampingi Ketua Dekranasda Banjar menyerahkan piagam penghargaan kepada para sponsorship yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan. Di antaranya Aston Banua Banjarmasin, Bank Kalsel, Ketua BPC HIPMI, PT Baramarta, Perumda Pasar Bauntung Batuah, Le Minerale, JNE Express, Bright Gas dan Pizza Hut Indonesia.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/09/diprotes-pemprov-kalsel-paman-birin-malah-resmikan-manis-food-street-festival-pemkab-banjar/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.