Survei The Republic Institute, Ini Elektabilitas Parpol

0

SURVEI lapangan di enam provinsi di pulau Jawa menunjukkan elektabilitas partai politik (Parpol) versi Lembaga Survei The Republic Institute di Jakarta. Seperti halnya, Partai Demokrat konsisten menguat, berselisih tipis dengan Partai Golkar dan Partai Gerindra. Survei digelar sejak 28 Agustus sampai 12 September 2022, melibatkan 1.200 responden.

TEMUAN ini disampaikan dalam pemaparan hasil survei se-Jawa olehThe Republic Institute di Jakarta, dengan margin of error 2,8 persen. Elektabilitas Demokrat mencapai 11,1 persen, dan Gerindra 12,8 persen, Golkar 12,2 persen.

BACA JUGA: Survei INES, 7 Parpol Lewati Ambang Batas 4 Persen

Sedang PDIP masih unggul, dan memiliki tingkat elektabilitas PDIP 20,5 persen. Lalu PKB 9,3 persen, NasDem 7,7 persen, PKS 7,5 persen, PAN 4,9 persen, PPP 4,1 persen, dan PSI 1,0 persen.

Peneliti Utama The Republic Institute Dr. Sufyanto, menjelaskan, peningkatan signifikan elektabilitas Partai Demokrat disebabkan responsivitas dari pengurus di wilayah dan daerah-daerah, di enam provinsi Pulau Jawa, yang bergerak langsung ke bawah menyapa masyarakat.

“Partai Demokrat juga berhasil mengkapitalisasi isu-isu perubahan dan perbaikan di tengah beban rakyat yang makin tinggi pada masa akhir kepemimpinan saat ini. Perubahan dan perbaikan telah menjadi narasi utama yang ditawarkan Demokrat, kepada masyarakat,” kata Dr. Sufyanto dalam keterangannya, dilansir timesindonesia.co.id, Kamis (6/10/2022). 

BACA JUGA: Survei Trust Indonesia untuk Parpol: Elektabilitas, Popularitas, Kedisukaan

Selain itu, faktor lainnya yang dianggap berpengaruh atas peningkatan elektabilitas Demokrat di pulau Jawa adalah tokoh partai, keluarga, organisasi, relawan, ideologi, dan perkawanan.

“Faktor tokoh partai sebesar 33,6 persen, ikut keluarga 15,4 persen, lingkungan organisasi 14,1 persen, relawan 11,5 persen, ideologis 10,5 persen, ikut teman 5,7 persen, dan lain-lain 5,7 persen,” timpal mantan Ketua Bawaslu Jatim ini.

Berbeda dengan Partai Demokrat, partai-partai yang elektabilitasnya berada di bawah 1 persen adalah Perindo, Gelora, Hanura, PBB, PKN, dan Partai Umat. “Sedangkan mereka yang belum menentukan pilihan sebesar 7 persen,” imbuhnya. (jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/08/survei-the-republic-institute-ini-elektabilitas-parpol/,Survei Parpol 2024 terbaru
Penulis timesindonesia
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.