Harga Telur Ayam Turun, Permintaan Daging Sapi Memasuki Bulan Maulid Meningkat Tajam

0

MEMASUKI bulan Maulid (Rabiul Awal) yang identik dengan perayaan hari kelahiran Rasulullah SAW dalam tradisi masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, kebutuhan daging sapi dan telur ayam dan itik meningkat.

TINGGINYA permintaan ini membuat harga produk pangan mengalami sedikit penurunan di sejumlah pasar tradisional di Banjarmasin.

“Harga telur ayam mengalami penurunan harga jual. Sebelumnya di tingkat eceran sempat tembus Rp 29 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram. Kini sudah turun menjadi Rp 27 ribu per kilogram,” ucap pedagang telur Pasar Sentra Antasari, H Ahmad kepada jejakrekam.com, Sabtu (8/10/2022).

BACA : Harga Pakan Ternak Tinggi, Harga Telur dan Ayam Ras di Banjarbaru Tergerek Naik

Menurut dia, harga telur juga tergantung kualitas atau ukuran besar-kecilnya. Begitu pula, permintaan telur itik juga mengalami kenaikan selama bulan Oktober 2022 ini.

Bahkan, beber Ahmad, jika pembelian dari jumlah besar untuk keperluan hajatan seperti perayaan Maulid Nabi, perkawinan dan lainnya harga bisa dibanting turun.

“Kalau membeli dalam jumlah besar atau partaian bisa dijual seharga Rp 26 ribu per kilogram untuk telur ayam,” ucap Ahmad.

BACA JUGA : Meski Masih Rendah, Telur dan Daging Ayam Ras Picu Inflasi Kalsel

Hal serupa juga dirasakan Nana. Pedagang telur ayam dan itik di Pasar Rawasari, Komplek DPR, Banjarmasin ini walau saat ini terjadi penurunan daya beli, tapi permintaan telur ayam dan itik tetap naik.

“Harga telur ayam masih di kisaran Rp 29 ribu per kilogram. Makanya, kami mempersiapkan stok lebih banyak, karena dalam bulan Maulid ini, permintaan telur meningkat,” kata Nana.

BACA JUGA : Daerah Penghasil Panen Raya, Jelang Bulan Maulid, Bawang Merah Mulai Turun Harga

Tak hanya telur, daging sapi yang dijual di Pasar Sentra Antasari juga mengalami peningkatan permintaan selama perayaan Maulid Nabi.

Menurut Aminah, saat ini harga daging sapi dijual Rp 100 ribu per kilogram. Pedagang daging di Pasar Sentra Antasari ini mengatakan ada penambahkan omzet penjualan dalam beberapa hari belakangan ini.

BACA JUGA : Pedagang Bumbu Masak di Pasar Harum Manis Banjarmasin Ketiban Berkah Bulan Maulid Nabi

“Apalagi, dalam bulan Maulid Nabi, tak hanya hajatan digelar, tapi juga pesta perkawinan juga marak. Makanya, permintaan daging sapi juga meningkat,” tutur Aminah.

Terbukti di kiosnya di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Aminah bisa menjual 70 hingga 90 kilogram daging sapi per hari.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.