Bimtek Penilaian Mandiri Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Tahun 2022

0

BUPATI Tanah Bumbu Zairullah Azhar, menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), Penilaian Mandiri Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Terintegrasi Tahun 2022, di Gedung Mahligai Bersujud Kecamatan Simpang Empat, Selasa (4/10/2022).

BIMTEK meningkatkan kinerja, transparansi dan akuntabilitas, pengelolaan keuangan Negara/Daerah, melalui penyelenggaraan kegiatan yang efektif dan efisien demi meminimalisir terjadinya tindakan korupsi maupun kecurangan.

Narasumber datang dari Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalsel, Rudy M Harahap.

Kegiatan Bimtek dihadiri Sekda Tanah Bumbu, H Ambo Sakka, Staf Ahli dan Asisten, jajaran Kepala SKPD Tanah Bumbu, Kasubag Perencanaan dan Pelaporan SKPD beserta Tim Assesor (Bappeda, BPKAD, Inspektorat).

BACA JUGA: Bappeda Litbang Tanbu Bimtek Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting

Rudy M Harahap, mengingatkan, agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini sehingga terintegrasi dengan baik dan langsung mengimplementasikannya secara konsisten dan berkelanjutan.

Hal ini dilakukan, jelasnya, mendorong Governance (Tata Pemerintahan), khususnya Pemerintahan di Kabupaten Tanah Bumbu, bagaimana menjaga leadership (kepemimpinan) dari Kepala Daerah supaya tetap sukses.

“SPIP Terintegrasi, bagaimana mengelola dan pengendalian resiko, beberapa angka sudah menunjukkan keberhasilan itu,” tandas Rudy.

Bupati Zairullah, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Inspektorat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dengan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalimantan Selatan tersebut.

BACA JUGA: Tanbu Gelar Bimtek B2SA se-Kalsel

“Kita tingkatkan kualitas pengelolaan manajerial, yang ada di setiap dinas Kabupaten Tanah Bumbu. Semoga semakin baik, semua hadir 100% dan wajib mengikuti dengan tuntas,” ucap Bupati Zairullah.

Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi, telah ditetapkan dalam Peraturan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021, tentang Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi, pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang wajib dipedomani bersama.

Yilian Herawati, Tim Inspektorat menjawab, Bimtek sangat penting untuk mengurangi resiko kesalahan dan mendeteksi dini indikasi korupsi. Sistem mencakupi keandalan menyusun perencanaan awal, pemantauan, dan pertanggungjawabannya.

BACA JUGA: Bimtek Srikandi Dispersip Tanbu Gandeng ANRI

“Inspektorat melalukan pengawasan secara berkala. SDM menjalani pelatihan terutama Kasubag Perencanaan di tahap dinas. Sistem pengawasan masih ada tanda merah dan kita bertahap memperbaiki, untuk tenaga pengawas masih 1/3 ,” ucap Yulian.

Sistem terintegrasi memudahkan setiap SKPD melakukan pengendalian intern, dalam rangka mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dari aspek kinerja. Maupun dalam hal pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah di lingkup Kabupaten Tanah Bumbu. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.