Menghasilkan SDM Siap Kerja, DPRD Dorong Percepatan Revitalisasi SMK Di Kalsel

0

UPAYA mendorong percepatan revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kalsel terus dilakukan Komisi IV DPRD Kalsel. Ini penting untuk mengembalikan tujuan awal dibentuknya SMK yakni menghasilkan SDM siap kerja.

“REVITALISASI evitalisasi SMK ini bertujuan agar SMK-SMK sebagaimana tujuan awal dibentuknya SMK ini dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang siap kerja, tidak hanya di sektor-sektor formal tapi juga di sektor non formal dan wirausaha,” ucap Sekretaris Komisi IV Firman Yusi disela kunjungan kerja Anggota Komisi IV DPRD Kalsel ke SMK Negeri 1 Banua Lawas Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong, Senin, (3/10/2022)

Dipilihnya SMKN 1 Banua Lawas, lanjut Firman, karena Komisi IV telah mendapatkan informasi sebelumnya bahwa sudah ada ikhtiar-ikhtiar yang sudah dilakukan oleh pihak sekolah yakni mendorong agar siswanya dapat menjadi wirausaha-wirausaha baru di sektor yang dikembangkan di sekolah ini yaitu perkebunan dan perikanan.

“Ini yang harus diberikan dukungan penuh oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Bagaimana agar inisiatif yang sudah diambil oleh sekolah ini dapat berkembang lebih lanjut tidak hanya didukung oleh satu SKPD saja (Dinas Pendidikan Kalsel), tapi bagaimana menyinkronkan dengan program-program yang ada di SKPD lain,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala SMKN 1 Banua Lawas, Bambang Hermanto menjelaskan, sejak awal sekolah ini memang hanya memiliki 2 jurusan umum yakni jurusan perkebunan (agribisni tanaman pangan dan hortikultura) dan perikanan, sesuai dengan potensi wilayah yang dimiliki.

Untuk sektor pertanian saat ini pihaknya fokus menanam tumbuhan jenis kacang edamame karena miliki nilai jual yang cukup tinggi, yakni dengan modal 1 kilo bibit edamame seharga 80 ribu rupiah mampu menghasilkan lebih kurang 200 kilo dengan harga jual 40 ribu rupiah per kilo. Sedangkan sektor perikanan, pihaknya sejak lama telah melakukan pembibitan ikan patin, lele, nila dan ikan lokal jenis gabus dan papuyu yang dijual kepada masyarakat sekitar.

Bambang bersyukur apa yang dilakukan pihaknya sangat berkaitan dengan mendukung upaya percepatan revitalisasi SMK. Dirinya berharap, kerjasama dengan SPKD dan Pemerintah Daerah bisa terwujud.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.