Tahun Depan Digelar Festival Anggrek 10 Ribu Sungai, Taman Anggrek Bungas Hadir di Screen House Banjarmasin

0

PARA pembudidaya dan pencinta anggrek, terlebih lagi spesies anggrek Kalimantan yang sudah terkenal seantero negeri. Tumbuhan bernilai ekonomis tinggi dilombakan Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin.

BERLOKASI di Screen House Banjarmasin, Jalan Pangeran Hidayatullah, digeber Festival Anggrek Seribu Sungai pada 29 September-1 Oktober 2022.

Selain itu, di lokasi Screen House yang dikeloal Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin itu, Walikota Ibnu Sina juga meresmikan Taman Anggrek Bungas serta melantik pengurus DPC Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kota Banjarmasin.

Festival Anggrek Seribu Sungai yang masuk dalam rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496 ditutup Walikota Ibnu Sina didamp;ingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, Jumat (30/9/2022).

BACA : Ladies Program Ajarkan Praktik Pembuatan Saco Dan Tinjau Festival Anggrek Seribu Sungai Di Rakerwil Apeksi

Dari aneka anggrek yang dipamerkan dan dilombakan dalam Festival Anggrek Seribu Sungai, terpilih para jawaranya. Yakni, kategori juara favorit masing-masing disebut Anggrek 3 milik Azizah (favorit 1), disusul Anggrek 85 (Roni) dan Anggrek 168 milik Winda Wardani, masing-masing favorit 2 dan 3. Sedangkan, juara favorit 4 direbut Anggrek 162 dipunyai Imama dan Anggrek 73 milik Yutun T sebagai juara favorit 5.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para penggiat anggrek serta selamat kepada para juara lomba yang sudah berpartisipasi. Tahun ini, Festival Anggrek Seribu Sungai, tahun depan digelar Festival Anggrek Sepuluh Ribu Sungai,” beber Ibnu Sina.

BACA JUGA : Pesona Anggrek Meratus Dibukukan, Ketua PAI Kalsel Aida Muslimah Pesan Terus Dilestarikan

Bagi mantan anggota DPRD Kalsel ini, Festival Anggrek Seribu Sungai itu merupakan kado bagi Hari Jadi ke-496 Kota Banjarmasin.

“Jadi luar biasa, kegiatan tahun ini kita betul-betul lepas dari suasana pandemi sehingga kegiatan banyak sekali rangkaian acara,” tuturnya.

BACA JUGA : Ada Anggrek Tebu dan Sendok, Kekayaan Plasma Nutfah Pegunungan Meratus

Menurut dia, lewat festival bisa juga menjadi bagian dari upaya melestarikan tanaman anggrek serta sarana edukasi dan destinasi wisata bagi masyarakat. Khususnya, para pencinta atau pemburu anggrek, baik spesies Borneo (Kalimantan) maupun Nusantara.

“Setidaknya dengan hadirnya Taman Anggrek Bungas di Banjarmasin menjadi salah satu spot wisata di kota ini. Sebab, anggrek yang ada merupakan koleksi anggrek dari berbagai wilayah di nusantara dan Kalimantan,” beber Ibnu Sina.

BACA JUGA : Wow, Hutan Kalsel Masih Menyimpan Anggrek Hitam

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah bersyukur dengan terselenggaranya Festival Anggrek Seribu Sungai itu. Apalagi, even ini diikuti banyak peserta dari komunitas pencinta anggrek hingga sponsor. “Saya berharap Banjarmasin bisa menggelar rutin kegiatan semacam ini,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.