Berlangsung Seru, Yasin-Talia Menangi Pemilihan Putra-Putri Sasirangan Banjarmasin 2022

0

GRAND Final Putra-Putri Sasirangan dalam rangkaian Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2022 di Panggung Balai Kota, Jalan RE Martadinata, Banjarmasin, Jumat (30/9/2022) malam, berlangsung meriah.

ADA 115 pasang putra-putri yang mengikuti kontes busana untuk diseleksi guna mendapatkan 20 terbaik, kemudian mengerucut lagi menjadi 10 terbaik, hingga diperoleh lagi 6 juara terbaik baik kategori putra-putri. Even ini pun menjadi rangkaian dari memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496 tahun.

Tak hanya menampilkan performa busana, namun para peserta Putra-Putri Sasirangan juga diuji para juri mengenai wawasan terhadap kain khas Banjar serta lainnya. Mereka pun berlenggak-lenggok laiknya model di atas catwalk yang dipasang di atas panggung Balai Kota Banjarmasin.

BACA : Tampilkan Karya Desainer Lokal dan Nasional, Para Model Bawakan Motif Sasirangan Lebih Modern

Sebelum memasuki grand final, suguhan tarian menceritakan riwayat kain sasirangan dari era Kerajaan Negara Dipa, Negara Daha hingga Kesultanan Banjar di hadapan ratusan penonton yang memadati area lomba.

“Para peserta pemilihan Putra-Putri Sasirangan ini kebanyakan adalah generasi milenial. Bagi yang menjadi juara pada tingkat Kota Banjarmasin akan mengikuti level tertinggi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,” ucap Walikota Banjarmasin Ibnu Sina kepada awak media.

BACA JUGA : Puluhan Pelaku UMKM Ikuti Festival Sasirangan di Balai Kota Banjarmasin   

Harapan Ibnu Sina, tak hanya berbicara di level lokal, namun juga para juara terbaik akan mewakili Banua untuk pemilihan Putra-Putri Batik Tingkat Nasional.

“Generasi milenial ini harus menjadi pelanjut tongkat estafet kebudayaan Banjar. Karena mereka yang mewarisi warisan leluhur. Dengan terangkatnya pamor kain sasirangan juga akan meningkatkan roda perekonomian pelaku usaha di Banjarmasin,” kata Ibnu Sina.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pemilihan Putra-Putri Sasirangan Banjarmasin 2022, Lani Wardhana mengatakan even tahun ini jauh lebih banyak pesertanya dibanding tahun-tahun lalu dalam kontes budaya BSF.

BACA JUGA : Fashion Show Street Ke-3 Dan Road To Banjarmasin Sasirangan Festival Ke-6 Di Kota Lama Tempoe Doloe

Dari penyaringan ratusan peserta, terpilih 20 finalis terdiri dari 10 pasang putra-putri. Mereka pun harus menjawab pertanyaan dari para dewan juri. Makin seru, ternyata para peserta juga memboyong para pendukung atau supporter masing-masing yang mengeluk-elukkan nama para jagoannya.

Deretan para pemenang lomba Pemilihan Putra-Putri Sasirangan Banjarmasin 2022 yang berlangsung di Panggung Balai Kota Banjarmasin. (Foto Sirajuddin0

Untuk pemenang Putra-Putri Sasirangan 2022 adalah Muhammad Yasin (peserta putra nomor 19), dan Talita Fatimah Rahmad (peserta putri nomor 26). Sedangkan, runner rup atau juara kedua direbut duet Muhamad Riyan, danDara A Maulina.

BACA JUGA : Mengaktualisasikan Ornamen Rumah Tradisional Banjar dalam Motif Kain Sasirangan

Hadiah, piagam penghargaan serta uang pembinaan langsung diserahkan Walikota Ibnu Sina didampingi Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah.

“Lomba pemilihan Putra-Putri Sasirangan 2022 ini telah dimulai sejak 25 Agustus hingga 17 September 2022,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin, Iwan Fitriady.

Menurut Iwan, jumlah peserta yang mengikuti lomba sebanyak 115 pengrajin, terdiri 55 putra dan 60 putri. “Setelah dilakukan penyaringan akhirnya terpilih 10 pasang yang lolos ke grand final,” ucap Iwan.

BACA JUGA : Sasirangan Kayuh Baimbai, Binaan Pertamina Berkiprah di Tingkat Nasional

Kata mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banajrmasin untuk komposisi dewan juri terdiri dari lima orang. Langsung dipimpin Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah. Direktur Bisnis Duta TV, Diana. Fashion Designer Internasional, dan Staf Muda Walikota Banjarmasin bidang UMKM.

“Tujuan lomba ini agar anak muda bisa menjadi ambassador (duta) kain sasirangan sehingga tercipta sikap mencintai dan bangga melestarikan kain sasirang,” ujar Iwan.

BACA JUGA : Menyoal Konsep Kampung Tematik, Antropolog ULM : Jangan Sasiranganisasi Diterapkan di Banjarmasin

Lewat even ini, Iwan berharap bisa penghubung antara masyarakat dengan para pengrajin sasirangan yang telah merata di Kota Banjarmasin.

Berikut nama para pemenang lomba Putra-Putri Sasirangan 2022. Yakni, juara favorit  kategori putra dengan  nomor peserta 39 Raden Pramudiar Ridho Pratama dan kategori putri dengan nomor peserta 12.

BACA JUGA : Datang ke Kalsel, Istri Sandiaga Borong Sasirangan dan Kunjungi Wadah Konservasi Bekantan

Untuk juara harapan 3 kategori putra  Muhamad Risky, kategori  putri  Wulan Kamalia. Juara harapan 2 kategori putra jatuh pada nomor peserta 27 atas nama Muhamad Irfan. Sedangkan kategori putri atas nama  Suci Nur Aini. Untuk juara harapan 1 kategori putra  Raden Pramudiar Ridho Pratama, dan kategori putri  Gusti Nadya Ananda.

Sedangkan untuk juara ketiga putra dan putri sasirangan kategori putra atas nama Muhamad Arsyad Saputra, dan untuk kategori putri Nadya Aqila N.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/01/berlangsung-seru-yasin-talia-menangi-pemilihan-putra-putri-sasirangan-banjarmasin-2022/
Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.