Wilayah Tabalong Strategis Jadi Daerah Transit, Pemkab Minta Timpora Awasi Ketat Orang Asing

0

BUPAT Tabalong H Anang Syakhfiani berharap kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di daerahnya bisa bertugas optimal dalam mengawasi keberadaan orang asing atau tenaga kerja asing.

“TIMPORA juga perlu meningkatkan sinergitas antara berbagai instansi pemerintah terkait dengan permasalahan dan pengawasan orang asing,” ucap Bupati Tabalong diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Tabalong, Febriadin Hafiz saat membuka rapat koordinasi Timpora Kabupaten Tabalong dan Balangan tahun anggaran 2022 digelar Divisi Keimigrasian Kelas I TPI Banjarmasin Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Hotel Aston, Tanjung, Selasa (27/9/2022).

BACA : Banyak Tenaga Kerja Asing Bekerja di PT Conch South Kalimantan Cement

Menurut Hafiz, keberadaan orang atau warga negara asing (WNA) yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian semua pihak.

“Oleh karena itu, koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi dalam hal pengawasan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang tugas masing-masing mutlak dilakukan,” papar Hafiz.

BACA JUGA : Dua Federasi Serikat Pekerja Datangi DPRD Kalsel, Ini Aspirasi yang Mereka Sampaikan

Menurut dia, posisi Tabalong yang sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang. Kondisi itu sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab.

“Misalnya perdagangan manusia (human trafficking), penyelundupan manusia, lalu lintas barang terlarang (narkoba, psikotropika) serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, sosial budaya yang dapat mengancam stabilitas negara dan daerah,” beber Hafiz.

BACA JUGA : Kantor Imigrasi Banjarmasin Pulangkan 24 TKA Asal Cina

Dengan adanya rakor itu, Hafiz berharap menjadi langkah awal guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia(SDM) yang baik terhadap penegakan kedaulatan negara melalui penegakan hukum dan pengawasan orang asing.

BACA JUGA : Imigrasi Sebut WNA Asal Tiongkok Yang Diamankan Bukan Penambang Liar

“Keberadaan orang asing yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Kabupaten Tabalong perlu mendapat perhatian semua pihak. Sebab, wilayah Tabalong telah menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung. Ini ditambah adanya perusahaan dengan pekerja warga negara asing,” tambah Hafiz.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.