Gunung Kura-Kura Longsor, 5 Tewas Tertimbun, 8 Korban Belum Ditemukan

0

PERISTIWA tragis akibat longsor terjadi di kawasan Gunung Kura-Kura (Kukura) di Desa Buluh Kuning, Kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Senin (26/9/2022) malam.

AKIBAT longsor di lokasi pertambangan emas tradisional terletak di Jalan A Yani, Desa Buluh Kuning, dilaporkan menewaskan 5 orang.

Dari informasi, ada sekitar 15 orang tertimbun longsoran dari lereng pegunungan. Dinyatakan 7 orang berhasil dievakuasi. Sisanya, 2 orang dirawat di puskesmas setempat. Sedangkan, 5 orang meninggal dunia akibat tertimbun longsoran tanah merah.

Hingga kini, 8 orang masih dalam tahap pencarian. Peristiwa terjadi diduga pada area pertambangan emas tradisional yang digarap masyarakat.

BACA : Kotabaru dan Tabalong Disorot, BPKP Sebut Anggaran BTT dan DTU Bisa Dipakai Tekan Inflasi

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru, Hendra Indraya menjelaskan, pihaknya baru mendapat kabar atas kejadian di Gunung Kura-Kura yang terjadi pada Senin (26/9/2022) malam sekira pukul 23.00 Wita.

Kondisi Gunung Kura-Kura di Sungai Durian pasca longsor dari pantauan gambar udara satelit. (Foto Istimewa BPBD Kotabaru)

“Saat ini, kami dari BPBD Kotabaru bersama tim gabungan dari Pos SAR Kotabaru, Polres Kotabaru, Kodim 1004 dan Satpol PP Pemkab Kotabaru tengah menuju lokasi kejadian,” ucap Hendra kepada awak media di Kotabaru, Selasa (27/9/2022).

BACA JUGA : Polisi Beberkan Alasan Mengapa Empat Petinggi PT CAS Jadi Tersangka Tambang Longsor Mantewe

Menurut Hendra, lokasi kejadian jauh dari pusat perkotaan Kotabaru, sehingga akses menuju ke tempat kejadian terbilang cukup sulit, karena tak bisa dilintasi mobil atau roda empat.

“Kalau menggunakan sepeda motor trail dapat ditempuh kurang lebih 2-3 jam perjalanan. Sementara, kalau berjalan kaki butuh waktu sekitar 4-5 jam baru bisa sampai ke titik lokasi longsor,” kata Hendra.

BACA JUGA : Polisi Umumkan Tersangka Tambang Longsor di Mantewe: Ada Kepala Teknik sampai Pengawas

Dia berharap ada 8 orang yang dilaporkan jadi korban longsoran bisa ditemukan dan segera dievakuasi. “Tim gabungan akan berupaya maksimal agar para korban bisa ditemukan dengan selamat,” ucap Hendra.(jejakrekam)

Penulis Rahman
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.