Bupati HM Zairullah Azhar Sambut Kunjungan Komisi II DPRD Kalsel, Koordinasi Perpajakan Daerah

0

KUNJUNGAN Komisi II DPRD Kalimantan Selatan yang dipimpin Muhammad Yani Helmi, disambut Bupati HM Zairullah Azhar di ruang Bersujud I, Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jumat (23/9/2022).

KEDATANGAN Komisi II itu terkait dengan koordinasi perpajakan daerah pajak air permukaan (PAP), dalam rangka mengoptimalkan penerimaan daerah.

Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Tanah Bumbu yang sudah berusaha menyambungkan keinginan semua untuk meningkatkan pendapatan asli daerah antara Pemerintah Provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

Muhammad Yani Helmi mengatakan, agar potensi di sektor Pajak Air Permukaan (PAP) mampu direalisasikan secara optimal, dan perlu kerjasama antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten untuk saling bahu membahu.

BACA: Dorong Penerimaan Kas, Yani Helmi Sosialisasikan Perda Pajak Daerah ke Desa Manunggal

“Hasil yang diterima oleh provinsi tersebut akan dibagi hasilkan dengan kabupaten/kota melalui dana bagi hasil PAP dengan besaran 50 persen untuk provinsi dan 50 persen untuk kabupaten/kota,” katanya.

Sementara, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar mengatakan, sebagian besar kontribusi pajak dari PAP mengalami penurunan terutama pada musim kemarau.

Hal ini seiring dengan berkurangnya udara yang tertampung dalam tanah akibat tidak terjadinya curah hujan pada bulan-bulan terentu.

Kontribusi PAP yang minim tentu dapat menjadi permasalahan tersendiri, terutama bagi daerah. Mengingat PAP merupakan salah satu jenis pajak daerah, yang dimanfaatkan untuk membiayai keperluan pembangunan infrastruktur di wilayah masing-masing.

Oleh karena itu, sangat penting setiap perusahaan untuk memahami PAP dan berkontribusi dalam membangun daerah dengan membayar PAP yang memenuhi kewajibannya.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.