Gerakan Wani Madam Ajak Generasi Muda HST Berani Melanjutkan Pendidikan Hingga Luar Negeri

0

GERAKAN Wani Madam kini hadir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Inisiatif positif ini hadir demi mendorong generasi muda agar berani merantau untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, hingga ke luar negeri sekalipun.

AHMAD Fauzan, ketua gerakan tersebut Rabu (21/9/2022) di Barabai menjelaskan, Gerakan Wani Madam merupakan gerakan kerelawanan yang memotivasi dan memfasilitasi pelajar-pelajar banua agar wani madam alias berani merantau (hijrah) melanjutkan studi ke kampus-kampus jauh di luar banua, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Sebagai langkah awal, gerakan tersebut fokus untuk menyasar seluruh pelajar kelas XII sekolah menengah atas dan sederajat (SMA/SMK/MA) di Wilayah Bumi Murakata.

“Gerakan ini berbasis kerelawanan dan diinisiasi oleh orang HST alumni kampus-kampus di Jawa dan luar negeri, dan berkolaborasi dengan stakeholders dan setiap warga HST yang peduli dengan pendidikan dan masa depan warga banua,” jelas Fauzan.

Lebih lanjut, tujuan gerakan tersebut yakni 5 tahun ke depan terjadi peningkatan yang signifikan jumlah pelajar HST yang berkuliah di luar banua. Lalu, 10 – 15 tahun ke depan madam kembali menjadi budaya dan identitas pelajar HST.

“Dalam jangka panjang berkontribusi dalam peningkatan kualitas manusia HST dalam mental dan pemikiran,” tambahnya.

Adapun program-programnya meliputi, Kelas Motivasi Kawan Madam, Kawan Mentor, serta Kawan Jejaring Madam dengan membuka kesempatan yang seluas-luasnya kepada para alumni yang pernah merantau di luar pulau untuk dapat bergabung menjadi Relawan Wani Madam.

“Gerakan ini adalah ikhtiar besar yang dimulai dari langkah sederhana. Perlu kerja bersama untuk mewujudkannya. Untuk itu, kami memanggil dangsanak HST yang sedang atau pernah madam di kampus-kampus luar banua, Jogja, Malang, Bandung, Jakarta, Bogor, Surabaya, Mesir, Mekkah, Yaman, Malaysia, dan lainnya di manapun sekarang berdomisili, yuk gabung menjadi Kakak Relawan Wani Madam,” ajaknya.

Secara perdana, gerakan ini masuk ke SMAN 1 Barabai dengan membagikan kelas motovasi dan spirit pendidikan kepada 45 siswa kelas 3 perwakilan semua jurusan.

Kelas itu diisi oleh kakak-kakak relawan Wani Madam, yaitu Ahmad Fauzan sebagai inisiator gerakan yang berdomisili di Jakarta, Ani Shalehah alumni SMAN 1 Barabai yang merupakan seorang dosen dan sedang melanjutkan studi S3 di Taiwan, Altanova Reza selaku guru SMAN 1 Barabai, dan Ustadz Ali Rahman seorang dai dan pimpinan LAZISMU HST.(jejakrekam)

Penulis M Aditya R
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.