Bupati Abah HM Zairullah Azhar Buka Rakor Regsosek BPS di Hotel Ebony

0

BUPATI Tanah Bumbu, Abah HM. Zairullah Azhar membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Tanah Bumbu di Hotel Ebony Batulicin, Selasa (20/9/2022).

HM. Zairullah Azhar menyambut baik digelarnya kegiatan rakor pendataan awal Regsosek ini. 

“BPS melaksanakan pekerjaan yang cukup berat. Data yang dihasilkan sebagai prasyarat utama Reformasi Sistem Perlindungan Sosial, Transformasi Data menuju Registrasi Sosial Ekonomi. Merupakan upaya perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang terintegrasi dan akurat,” ujar Abah Bupati.

Melalui rakor ini, lanjut Bupati, akan menghasilkan data terpadu yang tidak hanya untuk program perlindungan sosial ekonomi, melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah.

BACA: Dishub Tanah Bumbu Minta Bupati Zairullah Cabut IPJK PT TMA

Bupati, berharap, seluruh pihak dapat mendukung kegiatan ini, terutama Kepala Desa dan Camat dibarengi semangat dan komitmen yang tinggi untuk menyukseskannya.

Materi rakor disampaikan narasumber, yakni BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Bappedalitbang dan Dinas Sosial Tanah Bumbu. Pelaksana gugus tugas pendataan yang berkoordinasi dengan penyelenggara Satu Data Indonesia (SDI).

Data kondisi ekonomi seluruh penduduk akan membantu pelaksanaan program pemerintah sehingga berjalan efektif diantaranya, program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Yos Rusdiansyah, menyebutkan, melalui rakor ini akan terbangun koordinasi dan kerjasama serta kolaborasi antara pemerintah daerah, instansi vertikal dan masyarakat. “Akan tersaji satu data digunakan masyarakat yang memang perlu dibantu dan yang perlu diberdayakan,” ucapnya.

Tujuan dari pendataan awal Regsosek, jelasnya, menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan. Terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa dan kelurahan.

BACA: Bupati Zairullah Azhar Menerima Predikat WTP Pemkab Tanah Bumbu Yang Kesembilan

“Reformasi sistem perlindungan sosial diperlukan sebagai perbaikan mekanisme pelaksanaan program perlindungan sosial bagi seluruh warga negara. Berdasarkan kerentanan agar memenuhi prinsif tepat sasaran, tepat waktu, mudah, akuntabel dan responsif terhadap kondisi bencana, ” tuturnya. 

Rakor pendataan awal Regsosek, diikuti instansi vertikal, SKPD, Camat dan Kepala Desa. Dan dihadiri langsung Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Yos Rusdiansyah dan Kepala BPS Kabupaten Tanah Bumbu Rudy Nooryadi.

“Jadi melakukan koordinasi dan persiapan pendataan registrasi sosial ekonomi dengan menggunakan pendekatan keluarga,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.