Bakar 3 Rumah, Api Berkobar di Jalan Hidayah Diduga Berasal dari Tumpahan BBM Pertamini

0

PAGI saat jam sibuk, ketika warga berangkat kerja dan aktivitas pagi mendadak heboh dengan korban api besar di Jalan Hidayah RT 01, RW.01, Desa Persiapan Hidayah Barokah, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, Selasa (20/9/2022) sekira pukul 07.30 Wita. 

INFORMASI di lapangan, menurut warga Jalan Hidayah Muhammad Saini bahwa api yang diketahuiterus membesar membuat warga berlarian mencoba memadamkan api. Namun di lokasi yang padat penduduk sangat sulit dilakukan pemadaman. 

Warga secara seadanya memberikan pertolongan, kendati kebakaran di lokasi sisi jalan. Api yang terus membesar berhasil dipadamkan sekira pukul 09.00 Wita. Itu pun setelah ada bantuan pemadam kebakaran dari Pemkab Tanah Bumbu dan damkar swasta. 

BACA : Bantu Warga Terdampak Kebakaran di Desa Tampakang, Kapolres HSU Ingatkan Waspada Karhutla

“Kebakaran diduga berasal dari pertamini milik warga, api baru dipadamkan setelah kurang lebih 1 jam ditangani petugas pemadam kebakaran, dibantu TNI dan polisi, ” ujar Muhammad Saini.

Kapolres Tanbu, AKBP Tri Hambodo melaluinya Kasi Humas, AKP H Made Rasa membenarkan terbakarnya ada tiga bangunan rumah warga di Jalan Hidayah terbakar.

BACA JUGA : Satpol PP Tanah Bumbu Tertibkan Pasangan Mesum Di Sejumlah Hotel

Dari hasil laporan personel di lapangan, kejadian bermula saat korban, H Jakfar menambal ban roda dengan menyalakan api press tambal ban. Kemudian, korban melakukan pengisian bakar bakar minyak (BBM) dari mesin Pertamini yang berada di dekat tambal ban press ke salah satu unit sepeda motor. Pada saat yang sama, tiba-tiba selang BBM Pertamini terlepas sehingga bahan bakar tumpah dan membakar yang ada di sekitar lokasi tumpahan BBM tersebut. 

BACA JUGA : Satpol PP dan Damkar ikuti HUT ke-103 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia Secara Virtual

“Akibat api asal dari tambal ban press yang sedang menyala, api pun semakin membesar dan membakar 3 buah rumah sekaligus yang berada di sekitar tempat kejadian perkara (TKP),” ujar Made.

Ada tiga buah rumah terbuat dari kayu beserta isinya turut ludes terbakar. Sementara, korban bernama H Jakfar mengalami luka bakar di bagian kedua kaki dan telapak sebelah kanan. Kemudian, korban dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis.(jejakrekam)

Penulis Muhammad Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.