Pleno Diperluas Kalsel Tanpa Ketua, DPP PDIP Didesak Segera Tunjuk Pengganti Mardani H Maming

0

ADA pemandangan berbeda dalam Rapat Pleno DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Selatan Diperluas bersama DPC-DPC PDIP dan Anggota Fraksi PDIP se-Kalsel di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Minggu (18/9/2022).

FOTO Ketua DPD PDI Perjuangan Kalsel Mardani H Maming yang biasanya berada di backdrop, hanya ada dua foto tokoh partai banteng. Yakni, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-1, Soekarno.

Rapat pleno itu beragendakan membahas soal sistem informasi partai politik (sipol) sebagai kontestan pemilu serta penguatan para calon legislatif (caleg) PDIP yang akan berlaga di Pemilu 2024 di Kalsel.

BACA : Siapa Pengganti Mardani di PDIP Kalsel? Pengamat Prediksi Politisi di Pusaran Haji Isam

Pleno diperluas itu dipimpin Wakil Ketua DPD PDIP Kalsel Supiansyah ZA yang merupakan Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Politisi gaek banteng didampingi Sekretaris DPD PDIP Kalsel Muhammad Syaripuddin (Bang Dhien) serta Wakil Ketua Bidang Politik DPD PDIP Kalsel, HM Rosehan Noor Bachri.

Apakah PDIP Kalsel sudah berganti pucuk pimpinan atas usai Mardani H Maming (MHM) telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi penerbitan izin usaha pertambangan (IUP) semasa menjabat Bupati Tanah Bumbu oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)?

BACA JUGA : Taati Perintah Megawati Soekarnoputri, PDIP Kalsel Siap Menangkan Sahbirin-Muhidin

“Soal penggantian Ketua DPD PDIP Kalsel (Mardani H Maming) itu urusan DPP PDIP. Kami tak punya wewenang. Dalam aturannya, memang harusnya orang DPP PDIP yang turun (ke Kalsel),” ucap Supiansyah ketika dikontak jejakrekam.com, Senin (19/9/2022).

Supiansyah berharap agar secepatnya pengganti Mardani H Maming diputuskan oleh DPP PDIP, karena tahapan menuju Pemilu 2024 semakin dekat.

BACA JUGA : Dicegah ke Luar Negeri dan Jadi Tersangka, Kuasa Hukum Mardani H Maming Membantah

Disinggung siapa yang jadi figur pengganti MHM di PDIP Kalsel? H Upi, sapaan akrab politisi senior banteng ini termasuk dirinya yang turut disebut-sebut masuk dalam bursa bakal calon.

“Wallahu A’lam Bishawab (Hanya Allah yang Mengetahui Kebenarannya). Dulu saya memang Sekretaris DPD PDIP Kalsel, kemudian dilimpahkan ke Bang Dhien, karena dulu banyak tugas yang harus diemban,” kata H Upi.

Dia berandai-andai jika nanti dirinya ditunjuk sebagai pengganti MHM oleh DPP PDIP, mau tak mau sebagai kader harus siap.

BACA JUGA : Usai Apartemen di Jakarta, KPK Geledah Kantor PT Batulicin Enam Sembilan dan Kediaman MHM

Menurut H Upi, dirinya hanya ingin mendorong agar PDIP lebih maju, terlebih lagi dengan kekosongan pucuk pimpinan partai yang harusnya tak boleh terlampau lama karena momentum Pemilu 2024 sudah di depan mata.

“Sekali lagi, untuk pengganti Mardani H Maming di PDIP Kalsel, kami tunggu putusan DPP PDIP. Berdasar aturan, memang ada orang DPP PDIP yang turun ke Kalsel. Entah seperti apa kebijakan Ibu Mega (Megawati Soekarnoputri), terserah saja siapa yang akan ditunjuk (DPP PDIP),” ucap Supiansyah.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.