Bus Trans Banjarbakula Tak Lagi Gratis, Akhir Tahun Sudah Mulai Berbayar

0

BUS Trans Banjarbakula atau sebuah bus berwarna hijau yang kerap beroperasi di jalan utama A.Yani,  direncanakan bakal berbayar pada akhir tahun 2022 nanti.

HAL ini diungkapkan Zochrofi Miladdini selaku Manager BTS Trans Banjarbakula saat ditemui di ruang operasional Terminal Gambut Barakat A.Yani Km.17 pada Sabtu (17/9/2022).

Ovi sapaan akrabnya membeberkan, tarif yang akan diberlakukan nantinya tidak lebih dari Rp 6 ribu dan transaksi pembayaran menggunakan tapping kartu.

BACA : Teman Bus Banjarbakula Mengaspal Ramaikan Moda Transportasi Banua

“Yang pasti tidak akan lebih dari Rp 6 ribu. kita cashlash jadi tidak ada uang tunai. Para pengemudi driver BTS Trans Banjarbakula juga tidak diperkenankan menerima uang tunai dari penumpang karena itu akan menjadi sanksi,” jelasnya.

Meski diwacanakan akan berbayar, Ovi menegaskan pihaknya masih menunggu keputusan dan surat resmi dari Kemenhub RI. “Kami sebagai operator menunggu keputusan dari Kemenhub, tapi menurut informasi terupdate tahun ini akan berbayar, insyaallah bulan November,” beber Ovi.

Pengenaan tarif tersebut akan dilakukan di 3 kota yang terlebih dulu menerima layanan BTS di seluruh Indonesia. “Awal nanti akan ada kota percontohan, di 10 kota, akan dicoba di 3 kota terdahulu, Banjarmasin ini termasuk kota baru yang mendapat layanan BTS ini,” jelasnya.

BACA JUGA :  Ditapung Tawari Ulama, 2 Unit Bus ‘Kuning’ Teman Diperkenalkan Kepada Warga Banjarbaru

Adapun, BTS Trans Banjarbakula yang dinaungi Kementerian Perhubungan RI diketahui sudah beroperasi di Kalimantan Selatan, sejak awal tahun 2022 tanpa pungutan bayaran alias gratis.

Meski ke depannya direncanakan akan pasang tarif, diungkapkan Ovi, pihaknya bersama perwakilan Kemenhub RI sudah melakukan survey random di beberapa koridor.

“Kemarin sudah melakukan survey random bersama staf Kemenhub, bahwa meskipun sudah dikenakan tarif mereka tidak keberatan, karena mereka sudah aman dan nyaman menggunakan layanan BTS ini,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.