Tinggal Cari 2 Komisioner Lagi, Aries-Mukhlis-Rudini Anggota Bawaslu Kalsel Terpilih

0

KETUA Bawaslu RI Rahmat Bagja mengumumkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Bawaslu Provinsi masa jabatan 2022-2027.

ADA 75 orang yang dinyatakan lulus dan siap dilantik menjadi komisioner Bawaslu Provinsi dengan masa jabatan lima tahun.

Dalam pengumuman bernomor 316/KP.01.00/K1/09/2022 tanggal 17 September 2022, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menjelaskannya pihaknya telah melaksanakan amanat UU Pemilihan Umum (Pemilu) Nomor 7 Tahun 2017, srtelah melakukan penilaian terhadap hasil uji kelayakan dan kepatutan. Di antara 25 provinsi, terdapat tiga nama komisioner terpilih Bawaslu Provinsi Kalsel periode 2022-2027.

BACA : Dicari 3 atau 5 Komisioner Bawaslu Kalsel, Timsel : Tunggu Putusan Bawaslu-Komisi II DPR RI

Tiga nama yang terpilih dan segera dilantik itu adalah Aries Mardiono, anggota Bawaslu Kalsel periode 2017-2022. Petahana ini merupakan Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kalsel yang berlatar belakang mantan wartawan.

Bersama Aries. Ada dua namanya lainnya. Yakni, Akhmad Mukhlis merupakan anggota Bawaslu Kota Banjarbaru yang berlatar belakang aktivis Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI).

BACA JUGA : Suara Rakyat Bisa Terjaga, Perlu Pengawasan Ketat Rekrutmen Timsel, KPU dan Bawaslu

Sedangkan, nama ketiga adalah Muhammad Radini yang pernah berkiprah sebagai anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalsel dan merupakan eks aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) serta aktivis muda Nahdlatul Ulama (NU) Kalsel.

Mantan Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kalsel, Prof Muhammad Hadin Muhjad mengungkapkan pengumuman Bawaslu RI soal tiga nama komisioner terpilih merupakan keputusan final.

BACA JUGA : Bawaslu RI Diminta Telisik Rekam Jejak 6 Kandidat Anggota Bawaslu Kalsel

“Ya, tiga nama yang lulus uji kelayakan dan kepatutan Bawaslu RI adalah yang akan dilantik menjadi komisioner Bawaslu Provinsi Kalsel periode 2022-2027,” ucap Hadin Muhjad kepada jejakrekam.com, Minggu (18/9/2022).

Direncanakan pelantikan tiga komisioner Bawaslu Kalsel terpilih periode 2022-2027 pada Rabu (21/9/2022) di Bawaslu RI di Jakarta. Pelantikan langsung serentak bersama 75 anggota Bawaslu Provinsi terpilih oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

BACA JUGA : Kini Nasib Ditentukan Bawaslu RI, Hanya 3 Komisioner Bawaslu Kalsel Dicari

Guru besar Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat ini menyebut berarti hanya tersisa dua anggota Bawaslu Kalsel yang akan berakhir masa jabatannya pada 2023. Yakni, Azhar ‘Aldo’ Ridhanie (Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran) serta Nur Kholis Majid (Koordinator Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat dan Data Informasi) Bawaslu Kalsel periode 2018-2023.

“Nah, seleksi untuk pencarian dua komisioner Bawaslu Kalsel menjadi kewenangan Bawaslu RI,” pungkas Hadin.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.