Sempat Dirawat Intensif di RS Serdang Selangor, Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Tutup Usia

0

CENDIKIAWAN muslim yang juga Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di Kuala Lumpur, Malaysia pada Minggu (18/9/2022) pukul 12.30 Waktu Kuala Lumpur.

KABAR duka ini disampaikan Kedutaan Besar RI Kuala Lumpur dalam siaran persnya. Prof Azyumardi Azra tutup usia usai dirawat di Rumah Sakit Sakit Serdang di Selangor Malaysia.

“Pihak Rumah Sakit Serdang telah menerbitkan penyebab kematian almarhum yaitu: Acute Inferior Myocardial Infarction atau terdapat kelainan pada jantung. Beliau meninggal di unit perawatan intensif bagi penderita gangguan pada jantung (CCU),” tulis Kedubes RI Kuala Lumpur Malaysia.

BACA : Diputuskan dalam Rapat Pleno, JMSI Resmi Jadi Konstituen Dewan Pers

Masih dalam keterangannya bahwa almarhum sebelumnya mendapatkan perawatan intensif di RS Serdang sejak 16 September 2022 saat ketibaan dari Indonesia setelah sempat mengalami sesak napas dalam penebangan menuju Kuala Lumpur.

“Saat akan tiba di bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) sempat berkomunikasi dengan pihak Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) yang melakukan penjemputan. Selanjutnya beliau langsung dibawa menuju Serdang Hospital untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” tulis Kedubes RI Kuala Lumpur.

BACA JUGA : Dewan Pers: Perkuat Basis Pembaca Media Online

Dalam masa perawatan, pihak tim medis RS Serdang menyampaikan beliau terdapat gangguan jantung sehingga memerlukan perawatan khusus di CCU.

“Pihak rumah sakit menyampaikan telah berupaya memberikan penanganan medis bagi kesembuhan almarhum. Istri dan anak Prof Azyumardi Azra mewakili pihak keluarga telah tiba di Kuala Lumpur pada l 17 September 2022 untuk menjenguk di Serdang Hospital,” kata Kedubes RI Kuala Lumpur.

BACA JUGA : Beri Masukan, Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers Kunjungi Kantor Redaksi Jejakrekam.com

Selama proses perawatan KBRI Kuala Lumpur terus melakukan pendampingan. Saat ini, KBRI Kuala Lumpur sedang menguruskan penanganan jenazah lebih lanjut. Prof Azumardi Azra direncanakan semula untuk menghadiri sebagai narasumber pada Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia pada 17 September 2022 yang diselenggarakan oleh Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM).

“Tokoh pers Malaysia juga berkesempatan menjenguk beliau pada saat dirawat di RS Serdang,” begitu siaran pers dari Kedubes RI Kuala Lumpur.

BACA JUGA : Paman Birin Dorong Media di Kalsel, Profesional dan Terverifikasi Dewan Pers

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya mengucapkan takziyah dan berbelasungkawa mendalam atas wafatnya Ketua Dewan Pers, Prof Dr Azyumardi Azra.

Mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah dua periode itu wafat di RS Serdang, Selangor, Malaysia, karena sakit. Alamat rumah duka: Perumahan Puri Laras 2. Jl Pisangan Raya RT 003/09 Blok C 23. Kelurahan Cireundeu, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan (sebelah FK UIN Syarif Hidayatullah).

“Semoga beliau diampuni dosa-dosanya, diterima amal-ibadahnya, husnul khotimah, serta keluarga yang ditinggal diberi kekuatan dan kesabaran,” kata M Agung Dharmajaya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/09/18/sempat-dirawat-intensif-di-rs-serdang-selangor-ketua-dewan-pers-prof-azyumardi-tutup-usia/
Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.