Sekda Buka Kegiatan Sikat Gigi Anak Serentak se-Tanbu

0

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu, H. Ambo Sakka membuka kegiatan Sikat Gigi Bersama Anak Sekolah Dasar Secara Serentak, di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Senin (12/9/2022) pagi.

DIINISIASI Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional Tahun 2022. “Selamat Hari Kesehatan Gigi Nasional, Alhamdulillah hari ini kita dapat memperingati hal serupa di Kabupaten Tanah Bumbu,” ucap Sekda.

Momen tersebut, Sekda berharap. generasi muda, seperti anak-anak Sekolah Dasar (SD), harus diberikan edukasi dan pendidikan pentingnya menjaga kesehatan gigi. “Jadi harus menjadi generasi yang cerdas juga menjadi generasi yang sehat,” ucapnya.

Ia meyakini, edukasi yang baik di lingkungan anak, seperti dari orang tua dan guru, maka anak tersebut dapat mencontoh perilaku baik yang ada sekitarnya, termasuk dengan rajin menyikat gigi. “Kami dari Pemkab akan terus memantau apa yang menjadi kewenangan dan intervensi kami. Seperti memberikan bantuan atau kegiatan edukasi seperti yang dilaksanakan pada hari ini,” tambahnya.

Misnawati Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, melaporkan, kegiatan Sikat Gigi Bersama dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Targetnya, Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 20.000 siswa dan Kabupaten Tanah Bumbu sejumlah 1.500 siswa.

BACA: Roadshow Generasi Cerdas Cakap Digital Digelar Forum Anak Daerah Tanbu

“Karena permintaan dari sekolah dan antusiasme dari anak-anak. Target Tanah Bumbu yang awalnya 1.500 siswa melebihi menjadi 2.200 siswa, yang terlibat dari 14 sekolah di Kabupaten Tanah Bumbu. Dibagi menjadi 125 siswa perkecamatan, diawasi oleh pihak Dinkes dan anggota PDGI yang juga sebagai pelaksana tugas per kecamatan,” sebutnya.

Terdata 14 sekolah tersebut, jelasnya, diantaranya SDN Pondok Butun, SDN 1 Sari Mulya, SDN 2 Batuah, SDN 1 Giri Mulya, SDN 2 Giri Mulya, TK Pembina Giri Mulya, SDN 1 Manunggal, SDN Tungkaran Pangeran, SDN Karang Indah, SDN 1 Suka Damai, SDN Saring Sungai Bubu, SDN 1 Teluk Kepayang, SDN Sungai Danau, SDN Binawara.

Sebab itu, sambungnya, di waktu yang sama, petugas dari Dinas Kesehatan serta Puskesmas yang ada tiap kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu. Juga turun langsung ke sekolah yang ditunjuk guna melaksanakan aksi serupa.

Organisasi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Tanah Bumbu, drg Lukman, mengakui, dengan kegiatan yang mengusung tema ‘Pulih Bersama Dengan Senyum Sehat Indonesia’, pihaknya ingin mengajarkan ke siswa Sekolah Dasar (SD) bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar.

“Dengan penyuluhan rutin dan sikat gigi massal ini, juga dengan peran serta orang tua dan guru yang kami juga himbau. Anak-anak dapat melakukan sikat gigi dengan baik dan benar. Semoga anak-anak Tanah Bumbu dapat menjaga kesehatan giginya,” pintanya.

Kegiatan dihadiri, para pejabat lingkup Pemkab Tanah Bumbu, DWP Tanbu, PDGI Cabang Tanbu, Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia, Dinkes Tanbu, Perwakilan Guru serta Murid SDN Pondok Butun. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.