30 Tahun Konsumsi Air Tak Layak, JB-Kodim Tanah Bumbu Bangun Tandon di Kampung Sungai Tajur

0

PT JHONLIN Baratama (JB), anak perusahaan Jhonlin Group  melalui program corporate social responsibility (CSR) menggandeng Kodim 1022/Tanah Bumbu menyerahkan bantuan berupa tandon air bersih.

TANDON air berkapasitas 10 ribu liter diserahkan kepada masyarakat Kampung Sungai Tajur, Desa Gunung Meranti, Tanah Bumbu, Kalsel, Sabtu (10/9/2033).

Tandon 10 ribu liter air bersih yang dibangun sekitar 1,5 bulan di Kampung Sungai Tajur dengan biaya Rp 175 juta itu akan dimanfaatkan sekitar 150 kepala keluarga Desa Gunung Meranti.

Kampung Sungai Tajur, sejak dulu merupakan bagian dari Desa Sungai 2 yang dimekarkan dari Desa Gunung Meranti. Mayoritas masyarakat bekerja sebagai petambak udang dan ikan.

BACA : Jhonlin Group Bantu 1.400 Nelayan, PKL dan Guru Ngaji Dapat Program BPJS Ketenagakerjaan

“Kami berharap bisa membantu masyarakat yang selama ini kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Tandon ini mohon tidak hanya dipakai tapi juga dipelihara. Dan kami juga berharap kehadiran Jhonlin Group bisa dirasakan oleh masyarakat, khususnya yang berada di sekitar area proyek,” kata Direktur Jhonlin Baratama Daud Kala Bombang.

Penyerahan fasilitas penampung air bersih itu dihadiri Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Aldin Hadi, Kepala Desa Sungai 2 Ibnu Salam, CSR Jhonlin Group Ali Khalid Atmanagara, serta CSR PT JB Hadrani.

BACA JUGA : Listing Perdana Saham PT Jhonlin Agro Raya Tbk Dalam 5 Menit Bentur Batas Auto Reject Atas

“Dengan adanya tower air bersih ini, saya berharap bisa membantu warga untuk mendapatkan air bersih. Saya juga berharap tower dirawat dengan baik sehingga bisa dinikmati bersama-sama selamanya,” ucap Letkol Inf Aldin Hadi.

Menurut H Jamaluddin, warga RT 10 Kampung Sungai Tajur, selama hampir 30 tahun warga setempat meminum dan menggunakan air yang tidak layak.

“Namun karena tidak punya pilihan, air tetap kami gunakan. Air tersebut kami dapatkan dari kolam-kolam terdekat. Ada juga dari sumur yang kami gali meski tidak menghasilkan air yang bersih,” kata Jamaluddin.

BACA JUGA : Bisa Kurangi Impor, Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel Jhonlin Group

H Jamaluddin mewakili warga menyampaikan terima kasih atas bantuan tandon air bersih 10 ribu liter dari PT JB dan Kodim 1022/Tanah Bumbu.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada Kodim 1022/Tanah Bumbu yang bekerja sama dengan PT Jhonlin Baratama membangun tower air untuk kami. Sebab selama ini kami tidak tahu harus ke mana lagi untuk meminta bantuan,” tambahnya.

BACA JUGA : Jhonlin Rescue Team Dan Basarnas Tanah Bumbu Berhasil Temukan 3 Korban Tenggelam

Senada itu, Kepala Desa Sungai 2, Ibnu Salam mengucapkan terima kasih dengan dibantunya pembangunan tower air bersih. “Warga Kampung Sungai Tajur sekarang mudah mendapatkan air bersih,” imbuhnya.

Sementara itu, CSR Jhonlin Group Ali Khalid Atmanagara menegaskan pembangunan tandon 10 ribu liter air bersih merupakan hasil mediasi antara PT JB bersama Kodim 1022/Tanah Bumbu dengan masyarakat di sekitar perusahaan.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.