Inisial Belum Disebutkan, Polda Tetapkan 1 Tersangka Kasus Dugaan Skimming Bank Kalsel

0

USAI melakukan gelar perkara atas kasus dugaan skimming yang menimpa nasabah Bank Kalsel, akhirnya Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalsel menetapkan satu tersangka.

DIREKTUR Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel, Kombes Pol Suhasto melalui Kabid Humas Kombes Pol Mochamad Rifa’i mengatakan, untuk inisial tersangka masih belum bisa disampaikan ke publik, karena terkait penyidikan.

“Inisial masih belum bisa kita sebutkan. Sebab, saat ini tahap penyidikan berkembang, dan kemungkinan ada tersangka lain,” ucap perwira senior Polda Kalsel ini kepada awak media di Banjarmasin, Senin (5/9/2022).

BACA : Aliran Dana Skimming Bank Kalsel Diduga Mengalir ke Jakarta hingga Bali

Sebelumnya petugas Ditreskrimsus Polda Kalsel melakukan penyidikan ke sejumlah daerah seperti DKI Jakarta, Sukabumi Jawa Barat hingga Bali. Sebab, kasus kejahatan skimming ini berkaitan dengan bank daerah lain.

Akibat kejahatan perbankan lewat pembobolan rekening lewat ATM ini menimpa 94 nasabah Bank Kalsel. Mereka mengalami kerugian senilai Rp 1,9 miliar pada Senin (1/8/2022) lalu. Namun, kemudian pihak manajemem Bank Kalsel mengganti seluruh dana nasabah yang yang hilang tersebut.

BACA JUGA : Masih Menempel Di ATM Bank Kalsel, Alat Skimming Diamankan Ditreskrimsus Polda Kalsel

Sebelumnya tim penyidik juga sudah menemukan alat bukti di ATM Bank Kalsel yang berada di SMKN 5 Banjarmasin. Alat yang diduga skimming itu terpasang pada kabel jaringan internet, posisinya terpasang pada kabel LAN.

BACA JUGA : Jajaran Direksi Bank Kalsel Bertandang Ke Polda Kalsel, Polisi Terus Dalami Kasus Dugaan Skimming

Sebagai informasi, skimming adalah tindakan kejahatan pencurian data pengguna ATM untuk membobol rekening. Untuk melancarkan aksi ini, pelaku kejahatan menggunakan alat khusus bernama scammer yang bentuknya mirip dengan mulut slot kartu ATM. Begitu kartu dimasukkan ke dalam scammer, maka mesin itu akan secara otomatis merekam informasi dari kartu korban.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/tag/kabid-humas-polda-kalsel-kombes-m-rifai/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.