Sebelum Dies Natalis ke-64, Pelantikan Rektor ULM Terpilih Diagendakan 19-20 September 2022

0

MEREBUT suara mayoritas Senat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan kuasa Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Prof Dr Achmad Alim Bachri resmi terpilih menakhodai kampus ULM periode 2022-2026.

GURU besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM ini pun ditetapkan sebagai rektor terpilih dalam sidang tertutup Senat ULM yang diteken ketua dan sekretaris, saksi-saksi serta kuasa Mendikbudristek di Aula Rektorat ULM, Banjarmasin, Kamis (1/9/2022).

Dengan mengoleksi 68 suara, Alim Bachri jauh meninggalkan dukungan dua rivalnya yang merupakan petinggi petahana ULM.

“Saya ingat kemenangan saudara Alim Bachri ini bukan kemenangan individu, melainkan seluruh civitas akademika di ULM,” ucap Ketua Senat ULM, Prof Dr Muhammad Hadin Muhjad kepada jejakrekam.com, Kamis (1/9/2022).

BACA : Rebut 68 Suara, Prof Achmad Alim Bachri Rektor ULM Terpilih Periode 2022-2026

Mantan Pembantu Rektor I Bidang Akademik ULM ini mengingatkan apapun hasil dari pemungutan suara Senat ULM dan kuasa Mendikbudristek, maka yang menang jangan sampai angkuh. Pun, demikian yang kalah harus legowo.

“Usai Pilrek ULM ini, semua kandidat harus kembali bersatu membangun kampus kita tercinta ini agar lebih maju,” ucap mantan Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalsel ini.

BACA JUGA : Tak Ada Raih Suara Mayoritas, Suara Mendikbudristek Paling Menentukan Rektor ULM Terpilih

Mengenai tahapan penetapan dan pelantikan Rektor ULM periode 2022-2026, Hadin mengatakan sesuai kewenangan berada di tangan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta. Sesuai tahapan, hasil sidang Senat ULM berupa berita acara ini akan disampaikan ke Mendikbudristek dan Dirjen Dikdiktiristek di Jakarta pada 1-3 September 2022 nanti.

“Apalagi, berdasar surat keputusan Menristekdikti (kini Mendikbudristek), jabatan Rektor ULM periode 2018-2022, Prof Dr Sutarto Hadi akan berakhir pada 19 September 2022 nanti,” kata guru besar hukum administrasi Fakultas Hukum ULM ini.

BACA JUGA : Utusan Mendikbudristek Datang pada Kamis Lusa, Puncak Pilrek ULM Ditunda Sehari

Karenanya, Hadin pun memprediksi bahwa pelantikan Rektor ULM terpilih Prof Achmad Alim Bachri akan berlangsung antara tanggal 19 atau 20 September 2022. Sebab, pada 21 September 2022, dihelat kegiatan Dies Natalis ULM ke-64 (1968-2022) bertema ULM Maju, Indonesia Jaya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.