Dispersip Balangan Targetkan Perpustakaan Berstandar Nasional

0

DEMI meningkatkan pengelolaan perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menggelar pembinaan perpustakaan di Kabupaten Balangan, Kamis (1/9/2022).

KEGIATAN yang digelar di aula inspektorat Balangan ini diikuti sekitar 50 peserta yang merupakan pengelola perpustakaan yang ada di Kabupaten Balangan.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Dispersip Kalsel Wildan Akhyar mengatakan, pembinaan perpustakaan ini dilakukan untuk mensosialisasikan ataupun mengedukasi bagaimana pengelolaan perpustakaan yang berstandar nasional.

“Baik itu perpustakaan milik instansi pemerintah, sekolah ataupun swasta yang ada di kabupaten Balangan bisa dikelola dengan baik dan berstandar nasional,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Balangan Tamrin menyampaikan, pihaknya berharap pembinaan perpustakaan ini bisa mendorong peningkatan standar pengelolaan perpustakaan di Kabupaten Balangan.

“Targetnya adalah perpustakaan di Balangan bisa seluruhnya mendapat akreditasi sebagai perpustakaan berstandar nasional,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan ada enam komponen menuju akreditasi perpustakaan yaitu Koleksi buku, Sarpras, Pelayanan perpustakaan, SDM (Tenaga Perpustakaan dan Kompetensi atau Pustakawan), Penyelenggaraan perpustakaan (struktur organisasi) dan penguat atau inovasi di perpustakaan itu sendiri.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.