Hanya Dihadiri 18 Anggota, Rapat Paripurna Pemilihan Ketua Komisi IV DPRD Banjar Buyar

0

PEREBUTAN kursi Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar ternyata masih beresidu. Faktanya, dalam rapat paripurna DPRD Banjar yang sedianya dihelat pada Rabu (31/8/2022), justru tak memenuhi kuorum.

PADAHAL, ada empat agenda yang akan dibahas dalam paripurna DPRD Banjar di Martapura. Yakni, penyampaian Rancangan PeraturanPenyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Banjar kepada Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan (Bank Kalsel).

Kemudian, pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap Raperda Perubahan APBD Banjar tahun anggaran 2022. Kemudian, penandatanganan Kesepakatan Bersama KUA dan PPAS Tahun 2023. Puncaknya, adalah pemilihan dan penetapan pimpinan Komisi IV DPRD Banjar.

Agenda ini ditetapkan berdasar hasil rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Banjar yang diteken Wakil Ketua DPRD Banjar, Akhmad Rizanie Anshari dimulai pukul 14.00 Wita hingga selesai.

BACA : Klaim Sesuai Tatib Dewan, Antung Aman Terpilih Ketua Komisi IV DPRD Banjar

Ironisnya, dalam daftar absen dari 45 anggota DPRD Banjar bersama pimpinan dewan, justru hanya dihadiri 18 wakil rakyat. Walhasil, rapat pun dibatalkan karena tak memenuhi kuorum.

Kuat dugaan buyarnya rapat paripurna itu karena adanya pertarungan politik yang masih memanas di DPRD Banjar. Utamanya, perebutan ketua komisi yang membidangi kesejahteraan rakyat, pendidikan dan kesehatan itu.

BACA JUGA : Pemilihan Ketua Komisi IV DPRD Banjar Panas, Suara Golkar Tak Bulat Sokong Antung Aman

Apalagi, di tubuh DPRD Banjar juga terbelah imbas dari pertarungan yang sudah berlangsung beberapa bulan belakangan ini. Sebab, sebelumnya ada dua kubu bertarung. Yakni, kubu pendukung Gusti Abdurrahman (Antung Aman) dari Fraksi Golkar versus pro Derwana Farmei Golles JN dari Fraksi Partai NasDem.

Nah, kelompok politisi Banjar pun menginginkan demi menghindari kebuntuan itu, agar kedua kandidat ini ‘dicoret’ dari daftar calon Ketua Komisi IV DPRD Banjar.

BACA JUGA : Viral!!! Video Paripurna DPRD Banjar Ricuh, Syaifullah Tamliha : Arogansi yang Memalukan!

“Bisa jadi karena itu,” jawab anggota DPRD Banjar dari Demokrat, Saidan Pahmi, sembari tertawa saat ditanya awak media karena batalnya paripurna dewan, Rabu (31/8/2022). Sementara, sejumlah anggota DPRD Banjar yang hendak dikonfirmasi lebih lanjut, belum ada sahutan dari ponselnya.

Guna mengingatkan pada beberapa bulan lalu, paripurna DPRD Banjar sempat memanas, bahkan nyaris terjadi ‘adu jotos’ pada Rabu (27/4/2022) lalu. Sebab, pemilihan Ketua Komisi IV DPRD Banjar benar-benar deadlock, karena sama-sama kuat dengan bermodal 6 suara.

BACA JUGA : Buntut Paripurna Ricuh, Tanda Tangan Dipalsukan, Ketua DPRD Banjar Rofiqi Lapor ke Polisi

Ini karena, ada dua kubu yang membelah. Yakni, pendukung Antung Aman terdiri dari Iqbal (Gerindra), Ahdiat (PKS), Soraya (PAN), Diah Rivani (PDIP), Syahrin (Gerindra) dan Gusti Abdurrachman (Golkar). Sementara, pendukung Derwana Farmei Golles JN terdiri dari Ismail Hasan (Demokrat), Fitriah (PPP), Mardani (Nasdem), Hermani (PKB) dan Rusdiana (Golkar).(jejakrekam)

Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.