Berbiaya Rp 4,3 Miliar, Rekonstruksi Jalan Jenderal Sudirman depan Gubernuran Digarap

0

PROYEK rekonstruksi Jalan Jenderal Sudirman berpagu anggaran Rp 4,6 miliar lebih telah dimulai. Ini ditandainya dengan penutupan akses jalan penghubung depan Gubernuran Kalsel di Banjarmasin.

PROYEK milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel ini digarap kontraktor pemenang tender CV Sari Alam Utama asal Banjarbaru dengan harga negosiasi Rp 4.377.900.883 dari pagu anggaran Rp 4.672.420.000.

Pembenahan jalan ini karena oprit Jembatan Sudirman mengalami keretakan hingga penurunan yang mengancam para pengguna jalan, terutama di wilayah perbatasan Kelurahan Pasar Lama-Antasan Besar, Banjarmasin Tengah.

“Selama pengerjaan konstruksi Jalan Jenderal Sudirman, akses jalan kami tutup di depan Gubernuran Kalsel. Persisnya dari arah Jembatan Sudirman,” ucap Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Ahmad Solhan kepada jejakrekam.com, Rabu (31/8/2022).

BACA : Taman Vertikal Jembatan Kembar Jalan Jenderal Sudirman Menghilang, Ada Apa?

Menurut dia, rekonstruksi jalan dan jembatan itu tetap selebar yang dulu. Ketinggian pun akan diangkat, karena kawasan itu kerap langgaan banjir ketika air pasang dari Sungai Martapura atau kena curah hujan tinggi.

“Dengan adanya penutupan akses jalan itu memudahkan pihak pelaksana bisa mengerjakan proyek ini sesuai tepat waktu,” kata mantan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar ini.

BACA JUGA : Jadi Ikon Kalsel Laiknya Monas, Pembangunan Tugu Nol Kilometer Telan Dana Rp 160 Miliar

Solhan mengatakan penutupan akses Jalan Jenderal Sudirman akan diberlakukan lagi, ketika proyek pembangunan tahap I Tugu Pal Nol (Nol Kilometer) dilasakanakan.

“Penutupan Jalan Jenderal Sudirman ini juga telah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan Kalsel dan Satlantas Polresta Banjarmasin. Kami juga mengamati tidak ada dampak kemacetan di kawasan itu dengan adanya pengerjaan proyek. Sebab, masih ada jalur alternatif yang bisa diambil pengguna jalan,” kata Kepala Biro Kesra Setdaprov Kalsel ini.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/08/31/berbiaya-rp-43-miliar-rekonstruksi-jalan-jenderal-sudirman-depan-gubernuran-digarap/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.