Ikuti Penilaian Layanan Publik, Dua SKPD Banjarbaru Terus Berbenah

0

DUA Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Banjarbaru, yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banjarbaru dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banjarbaru, mengikuti penilaian pelayanan publik.

PEMERINTAH Provinsi Kalsel yang merupakan perpanjangan tangan dari Tim Evaluator Penilaian Evaluasi Pelayanan Publik Kemenpan RB di Kalsel, yang bertindak langsung melakukan penilaian.

Dari hasil evaluasi, Tim Evaluator yang dipimpin oleh Galuh Tantri Narindra ini menilai, pada dasarnya kinerja dua SKPD tersebut sudah cukup bagus. Namun salah satu SKPD yang masih perlu berbenah dan mendapatkan catatan penting.

BACA: Sidang Itsbat Nikah Terpadu, Upaya Pemkot Banjarbaru Selesaikan Masalah Administrasi Kependudukan

“Yang sudah dilaksanakan DPMPTSP Banjarbaru sudah mendapat pelayanan prima atau nilai A prima. Sedangkan Disdukcapil Banjarbaru masih A minus (A-),” tutur Tantri usai evaluasi yang dilaksanakan di Mal Pelayanan Publik Banjarbaru, Senin (29/8/2022) siang.

Tantri menuturkan, berbagai rekomendasi yang telah disampaikan dapat dilakukan perbaikan oleh Pemkot Banjarbaru. “Yang dinilai itu infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), bagaimana mekanisme kerja dan inovasi,” sambung Tantri.

Ia menegaskan, inovasi yang dihasilkan oleh SKPD terkait bukan hanya saat diluncurkan. Namun patut diperhatikan pada saat inovasi tersebur diimplementasikan. Sehingga masyarakat akan menilai ada sebuah perbaikan pelayanan yang dilakukan di Banjarbaru selalu membaik setiap tahunnya.

Sementara itu, Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengakui perolehan nilai A minus untuk Disdukcapil Banjarbaru. Ovie berharap, berbagai kekurangan yang dimiliki SKPD ini dapat diperbaiki.

BACA JUGA: Mall Pelayanan Publik Wujud Kehadiran pemerintah di Tengah Masyarakat

“Mudah-mudahan kita bisa memperbaiki segala kekurangan, serta menambah fasilitas. Sehingga nilainya akan meningkat terutama untuk Disdukcapil,” tutur Ovie.

Dengan evaluasi dan masukan dari Tim Penilaian Evaluasi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Ovie optimis dapat meningkatkan penilaian untuk Disdukcapil Banjarbaru.

“Jadi memang ada sedikit catatan yang disampaikan oleh Tim Evaluator, jadi ada bangunan yang belum memenuhi persyaratan. Namun untuk inovasi dan lain sebagainya masih cukup bagus,” tandas Ovie.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.