Lama Tak Dihelat, Lomba Balap Jukung di Sungai Tatah Belayung Berlangsung Meriah

0

CUKUP lama lomba balap sampan atau salajaan jukung tak digelar. Walau tarafnya skala kecil, lomba balap jukung digelar di sepanjang Sungai Tatah Belayung, Tanjung Pagar, Banjarmasin, Sabtu (27/8/2022), cukup meriah.

BENDERA start pun diangkat Walikota Ibnu Sina sebagai tanda bagi para peserta lomba balap jukung untuk segera beraksi. Layaknya lomba kano, para peserta pun mengayuh jukungnya sekuat tenaga. Hingga ada peserta yang berdiri agar dorongan kayuhan lebih kuat demi sampai ke garis finish di sepanjang Sungai Tatah Belayung.

Jukung yang dipakai tergolong kecil, bukan jenis jukung sudur atau balap. Karena hanya memuat satu hingga dua orang dengan pengayuh. Sungai Tatah Belayung telah dinormalisasi pada 2018 silam, melalui proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin senilai Rp 450 juta. Proyek ini digarap CV Mitra Bonanza asal Banjarmasin dengan harga negosiasi Rp 388 juta lebih.

BACA : Bukan Venesia dari Timur, Ini Analisis Ahli Konstruksi Soal Normalisasi Sungai Veteran!

Sebelumnya pada 2017, pembangunan siring Sungai Tatah Belayung dikerjakan Gelora Aulia senilai Rp 301 juta lebih. Memang, beberapa kali proyek normalisasi menyentuh sungai saat masih ada Dinas Sumber Daya Air dan Drainase Kota Banjarmasin.

Jadilah, even lomba balap jukung menjadi hiburan tersendiri jelang Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496 pada September 2022 nanti. Kegembiraan pun terasa karena kawasan itu dipenuhi umbul warna-warni, sehingga Walikota Ibnu Sina dan Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman bersama pejabat terasnya menikmati hiburan rakyat itu.

BACA JUGA : Venesia dari Timur Hanya Pengalihan Isu Ibukota? Pakar Kota : Sungai Banjarmasin Sudah Lama Sakit

Selain lomba balap jukung, gotong-royong di akhir pekan juga terlaksana di kawasan itu dimotori Camat Banjarmasin Selatan Firdaus. Untuk diketahui, lomba balap jukung memang sudah lama tak dihelat di Banjarmasin, terutama di kawasan Sungai Martapura. Sebab, pada 2019 silam sempat terlaksana dengan mengundang beberapa komunitas sungai.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.