Seleksi Nasional, 2 Pemuda Pelopor Banjarmasin Diuji Tim Fact Finding Kemenpora

0

DUA pemuda asal Banjarmasin mewakili Kalimantan Selatan dalam Seleksi Pemuda Pelopor Bidang Pangan Tingkat Nasional tahun 2022.

DUA duta Banua itu adalah Agus Ridho Hidayat dan Muhammad Fitriadi. Agus dan Fitriadi mempresentasikan inovasinya dalam bidang pangan dengan Tim Fact Finding Kemenpora.

Saat hadir di Banjarmasin, Kamis (25/8/2022), Staf Ahli Kemenpora RI Syamsul Qomar berharap sosok Agus Ridho Hidayat bisa menjadi contoh bagi pemuda pelopor di Kalsel.

“Sebab, seleksi pemuda pelopor ini dilakukan secara berjenjang dari kabupaten/kota, provinsi hingga nasional,” ucap Syamsul Qomar, usai mendengar fact finding atau presentasi dari Agus Ridho Hidayat.

Menurut dia, kreativitas yang dilakukan Agus bisa menjadi contoh bagaimana peran atau andil pemuda dalam pembangunan dengan beragam kreativitasnya.

BACA : Bawa Tema Sekolah Alam, Risalatun Nahdian Wakili Kalsel di Ajang Pemuda Pelopor Nasional

“Sebab, secara khusus pemuda pelopor itu akan dinilai dari aspek keuletan, kreabifitas, inovasi, dampak bagi masyarakat sekitar. Nah, berapa banyak orang yang suka dengan mie olahan Agus. Selain soal omzet, tapi juga disukai dan banyak dibeli,” kata Syamsul.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisita (Disbudpopar) Kota Banjarmasin Iwan Fitriady mengakui ada dua duta yang mewakili kota ke tingkat nasional.

“Dalam seleksi pemuda pelopor yang secara berjenjang, ada lima bidang yang diseleksi berjenjang. Semoga saja, dua wakil Banjarmasin yang mewakili Kalsel ini bisa lolos ke tingkat nasional,” ucap Iwan.

BACA JUGA : Cerita Riyadi, Pemuda Pelopor Yang Rawat ‘Anak Ngelem’ Dan Bangun UMKM Berkemanusiaan

Sebagai pembanding, Iwan mengatakan pada 2021 lalu, wakil dari Banjarmasin berhasil merebut juara II tingkat nasional. Prestasi tersebut diharapkan bisa terulang pada 2022 ini.

Agus sendiri mempresentasikan di hadapan tim fact finding Kemenpora mengenai olahan produk iwak rabuk haruan sebagai toping mie pedas Banjar.

BACA JUGA : Sabet Juara 2 Pemuda Pelopor Nasional, Dhea Maulida Impikan Bikin Kampung Lumpia

Usai mendengarkan paparan Agus Ridho Hidayat. Tim Fact Finding Kemenpora bertandang ke lokasi kepeloporan Muhammad Hidayat lewat inovasi IT-nya. Presentasi kedua pemuda pelopor ini juga dihadiri perwakilan dari Dispora Kalsel, Camat Banjarmasin Timur Hj Rusdiana dan Camat Banjarmasin Tengah Ibnu Sabil dan Lurah Banua Anyar dan Lurah Antasan Besar.

Camat Banjarmasin Timur Hj Rusdiana berharap dua wakil dari kota ini usai fact finding bisa mewakili Banua ke level nasional.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.