Bupati HM Zairullah Azhar Tutup TMMD Ke-114 Di Tanah Bumbu

0

PROGRAM TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114, di Kabupaten Tanah Bumbu berakhir pada Rabu (24/8/2022). Acara penutupan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Batulicin.

MENURUT Bupati HM Zairullah Azhar, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 di Kabupaten Tanah Bumbu sangat dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat.

“Oleh sebab itulah atas nama pemerintah daerah, kami sampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi atas kerjasama yang dilakukan pada program TMMD di Bumi Bersujud,” ujar bupati.

BACA: Wakil Bupati Muh. Rusli Pimpin Pembukaan TMMD ke-114 Tahun 2022

Program TMMD yang dilaksanakan tersebut bukan hanya pada pembangunan infrastruktur yang menjadi persoalan ditengah masyarakat, tetapi program yang dilakukan juga memberikan edukasi secara langsung kemasyarakat seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, keamanan dan ketertiban masyararakat (kamtibmas), penyuluhan narkoba, stunting, dan lainnya.

“Kami berharap program TMMD yang dilaksanakan tahun 2022 ini terus berlanjut dilaksanakan di tahun 2023 mendatang,” kata bupati.

Pemerintah daerah, siap mendukung program yang manfaat sangat dirasakan masyarakat tersebut, karena program yang dijalankan TNI ini sangat efektif dan jauh lebih cepat penyelesaiannya di lapangan.

Nah kedepannya program TMMD diarahkan ke desa-desa yang ada di wilayah perbatasan yang akses jalannya belum terbuka, bahkan ada desa di perbatasan yang tidak ada sarana ibadahnya.

Sementara, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, didampingi Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Andin Hadi mengatakan, secara serentak dilaksanakan penutupan Program TMMD ke-114 yang dilaksanakan di seluruh Indonesia yang ada program TMMD pada hari ini, Rabu (24/08/2022).

BACA JUGA: Lintas Sektor Tinjau TMMD Kodim 1022 di Desa Sumber Arum Satui

TMMD di Kabupaten Tanah Bumbu dilaksanakan dimulai sejak 26 Juli hingga 24 Agustus 2022, dengan dua sasaran yakni fisik dan non fisik. “Untuk sasaran fisik berupa pengerasan jalan utama Desa Sumber Arum, Kecamatan Satui sepanjang 5 kilometer dengan lebar 5 meter. Pembuatan jembatan beton sebanyak 2 unit, rehab mushola 1 unit, dan rehab rumah warga sebanyak 2 unit,” ujar Rudi Purwito.

Sasaran non fisik yakni bakti sosial berupa pelayanan KB, kesehatan, pengobatan gratis, penyuluhan wawasan kebangsaan, karhutla, pertanian, peternakan, kamtibmas, narkoba, pencegahan stunting, dan sosialisasi disiplin protokol kesehatan covid-19, serta sosialisasi rekrutmen TNI.

Terkait program TMMD Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito mengatakan, dukungan Bupati Tanah Bumbu sangat luar biasa, utamanya dalam hal anggaran guna mensukseskan program percepatan pembangunan di Bumi Bersujud. “Sangat luar biasa sinergitas bupati dan forkopimda di Tanah Bumbu dalam rangka mendukung program TMMD untuk mensejahterakan masyarakat,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.