1.400 Pekerja BPU Terima BPJS Naker dari Jhonlin Group

0

SEDIKITNYA 1.400 pekerja informal atau pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) yang meliputi nelayan, pedagang kaki lima, fakir miskin dan guru ngaji mendapatkan Program BPJS Ketenagakerjaan (Naker) dari Jhonlin Group melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). 

MENURUT Khalied Abe, CSR Jhonlin Group, di Batulicin, Selasa (23/8/2022), tujuan program CSR Jhonlin Group (JG) memberikan edukasi pentingnya sebuah perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja informal atau mereka yang bukan penerima upah.

“JG berupaya meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat dengan adanya manfaat yang diberikan dari BPJS Ketenagakerjaan (Naker), baik berupa santunan hingga beasiswa untuk dua anak,” ucapnya. 

Khalied menyebutkan, seluruh unit usaha di bawah JG masing-masing memberikan bantuan untuk 200 pekerja BPU sehingga total mencapai 1.400 orang.

BACA: Minyak Goreng Premium dari PT Jhonlin Bisa Dinikmati Masyarakat Pada September Mendatang

Penyerahan secara simbolis Program BPJS Ketenagakerjaan (Naker) untuk para pekerja BPU ini telah dilakukan di kantor Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu pada 24 Juni 2022 lalu. 

Para pekerja BPU mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan (Naker) dengan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

“Manfaat perlindungan saat para peserta sedang mencari nafkah dan perlindungan berupa santunan jika peserta tutup usia. Selain itu adanya manfaat beasiswa sebesar Rp174 juta bagi dua anak (dari TK hingga Perguruan Tinggi),” ujar Khalied.

Kemungkinan besar, jelasnya, masih akan ada tambahan, mengingat masih banyak para pekerja informal yang rentan dalam pekerjaannya dan belum tercover BPJS Ketenagakerjaan dari beberapa profesi, seperti montir atau mekanik, pedagang sayur keliling, dsb.

Sementara Rajiman, salah satu pedagang kaki lima yang menerima bantuan BPJS Kesehatan menyatakan terima kasih kepada Jhonlin Group.

“Terima kasih kepada pihak perusahaan yang membantu kita. Ibaratnya pegawai tanpa gaji. Program bantuan ini sangat baik karena bermanfaat sekali jika suatu saat ada kendala, jadi bisa membantu,” kata Rajiman.

BACA: Sasar 6 Lokasi, Jhonlin Group Berikan 10 Ribu Dosis Vaksin Booster di Tanah Bumbu

Mutmainah berprofesi bekerja PKL juga mengucapkan syukur. “Alhamdulillah. Terima kasih atas bantuan Jhonlin Group untuk program JKK dan JKM BPJS Ketenagakerjaan (Naker),” katanya.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan (Naker) Tanah Bumbu, Murniati, mengapresiasi dan berterimakasih ke JG yang telah membangun hubungan kemintraan yang harmonis dan strategis.

“Terima kasih BPJS Ketenagakerjaan (Naker) mendapat kepercayaaan akan penyaluran program CSR dari perusahaan khususnya JG Group. Terima kasih juga telah mendukung dan mengedukasi program pemerintah di bidang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, khususnya bagi para pekerja rentan di Kabupaten Tanah Bumbu,” tutur Murniati.

Program CSR JG berupa BPJS Ketengakerjaan (Naker) ini, sela Khalied, bakal mengedukasi masyarakat dengan baik akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Termasuk adanya peran penting dari perusahaan melalui program CSR untuk membantu seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.