Pemkab Balangan Ikuti Entry Meeting SAKIP dan RB 2022

0

PEMKAB Balangan mengikuti entry meeting evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) 2022, bersama tim evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) secara virtual, di ruang kerja Sekda Balangan, belum lama tadi.

KABAG Organisasi Setda Balangan, Ernawati saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa entry meeting evaluasi SAKIP RB ini difokuskan lebih teknis lagi kepada Kepala  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diwakili para admin RB OPD dan fasilitator SAKIP di OPD.

Dari hasil entry meeting tersebut nantinya akan dilaksanakan pertemuan dimana bahwa ada beberapa OPD yang akan dijadikan klaster untuk perwakilan sampel dalam paparan dan tanya jawab oleh evaluator dari Kemenpan RB.

“Kita harus melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi evaluasi diakhir Agustus atau awal September nanti,”ujarnya.

Terkait hal ini, Ernawati menyampaikan naiknya RB di level kabupaten atau predikat SAKIP di level pemerintah daerah itu sangat berpengaruh dari nilai RB dan SAKIP di OPD.

“Jadi jangan sampai RB dan SAKIP hanya bergerak di kabupaten, sementara urusan-urusan konkuren pemerintah sebenarnya terejawantahkan dan terimplementasikan di OPD sehingga RB dan SAKIP di SKPD baik akan mendongkrak nilai kinerja RB dan SAKIP di kabupaten,”lanjutnya.

Ia harapkan setelah dilakukannya evaluasi ini perangkat daerah semakin serius dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi dan pengisian evaluasi SAKIP, agar target yang dipasang di dokumen perencanaan SKPD pada akhir tahun nanti dan utamanya di step by step triwulan 1,2,3 dan 4 dapat terwujud sesuai dengan harapan.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.