Tiga Hari Tenggelam, Dua Korban Pun Ditemukan

0

HARI ketiga penyisiran Sungai Kusan Kecamatan Kusan Hilir, Tim SAR akhirnya berhasil menemukan kedua korban tenggelam perahu ketinting, Minggu (21/8/22).

KORBAN pertama yang ditemukan adalah Syamsiah (65) Minggu, (21/8/2022) pukul 07.10 Wita. Jasadnya ditemukan sejauh 1 Km dari lokasi kejadian, tepatnya di samping Mushollah Desa Penyolongan dalam kondisi meninggal dunia. Korban pertama kali dilihat oleh anaknya yang saat itu ikut dalam Tim pencarian.

Di hari yang sama, korban kedua Junaide (70) ditemukan pukul 11.44 Wita, di Muara Sungai Pagatan, oleh Tim SAR Gabungan dalam kondisi meninggal dunia.

SAR Gabungan Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan yang nenemukan kedua korban perahu Ketinting yang mengalami kecelakaan terbalik di Sungai Kusan, Kecamatan Kusan Hilir, Jumat, 19 Agustus 2022, pukul 14.00 Wita di tepi Sungai Kusan, saat handak bertolak menuju Desa Penyolong melalui jalur sungai.

Menurut Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo, melalui Kasi Humas AKP H. Made Rasa, korban Syamsiah (65) dan Junaide (70) sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia oleh Tim SAR Gabungan yang dipimpin langsung Kapolsek Kusan Hilir, Ipda Rachmat Arif N , S.Trk.

BACA: Bantu Korban Banjir, Club Motor OWLMC Tanbu Salurkan Bantuan

“Jasad keduanya dibawa ke Puskesmas Kusan Hilir, kemudian langsung diserahkan ke pihak masing-masing untuk disemayamkan,” ujarnya. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) bersama pihak terkait melakukan pencarian korban musibah orang tenggelam.

Kalak BPBD Tanbu Zulhadi menjelaskan dalam laporannya, korban kedua saat perjalanan pulang dari berbelanja di pasar dengan menggunakan perahu ketinting.

Jumlah personil yang terlibat dalam pencarian, BPBD 17 orang, Dishub 8 orang, TNI 4 orang, Polsek 4 orang, Pol Airud 3 orang, Basarnas 5 orang, Dinas Kesehatan 4 orang, Relawan PKJR Tanah Bumbu 4 orang, Damkar 4 orang, Pemmerintah Kecamatan 5 orang, Relawan Baguna 5 orang, Relawan TRT 2 orang, Relawan Lazismu 6 orang, serta Aparat Desa dan Masyarakat.

Kejadian itu pada Jumat, 19 Agustus 2022, sekitar pukul 14.00 Wita di tepi Sungai Kusan Kecamatan Kusan Hilir, mengakibatkan dua korban hilang yaitu Zunaide (66) laki-laki warga Desa Penyolongan, dan Syamsiah (77) perempuan warga Desa Batuah. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.