Warga Rela Berkubang Lumpur Demi Meriahkan Tujuh Belasan di Sungai Veteran

0

MEMERIAHKAN tujuh belasan dengan menghadirkan lomba panjat pinang menjadi hiburan bagi warga Jalan Veteran, Kelurahan Kuripan, Banjarmasin memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, Sabtu (20/8/2022).

JALUR Sungai Veteran RT 7 RW O1 Kelurahan Kuripan pun berubah menjadi arena lomba warga untuk meraih hadiah yang ditaruh di pucuk batang pinang. Mereka pun tak segan berkubang lumpur sungai demi mendapatkan hadiah utama. Bahkan, banyak pula peserta badannya pun menjadi hitam, karena oli bekas dipakai sebagai pelicin.

Selain panjat pinang, lomba yang identik dengan tujuh belasan seperti tarik tambang, balap karung, dan lainnya juga digeber warga Veteran. Walau diterpa terik mentari, warga tak menghiraukannya. Keriuhan benar-benar telah menghilangkan rasa penat dan lelah berganti dengan kegembiraan.

BACA : Sungai Veteran Dikeruk, ‘Harta Karun’ Kayu Gelondongan Bisa Diangkat dari Dasar Sungai

“Dalam lomba panjat pinang ini, peserta dibagi dalam lima grup. Setiap grup berisi lima orang. Mereka dikasih waktu lima menit untuk menaikki batang pinang yang telah dilumuri pelicin,” ucap Panitia Lomba Tujuh Belasan Warga Veteran, Jamaluddin Effendi kepada jejakrekam.com, Sabtu (20/8/2022).

Selain biaya berbagai lomba berasal dari urunan atau swadaya masyarakat, Jamaluddin mengatakan ada beberapa donator dan sponsor juga menyuguhkan beragam hadiah doorprize.

BACA JUGA : Sudah Terdata 200 Sungai, Walikota Ibnu Sina Tebar Sejuta Bibit Ikan di Sungai Veteran

Hadiah-hadiah yang bisa diterima warga seperti barang pecah belah terdiri dari piring, gelas dan lainnya.“Tahun ini benar-benar menjadi hari yang menggembirakan. Selama dua tahun, kegiatan tujuh belasan sempat vakum akibat pandemi Covid-19,” tutur Jamaluddin.

Fitriadi, peserta lomba panjat pinang pun mengaku senang karena beragam hadiah disajikan dalam perhelatan ini. “Hadiah seperti barang pecah belah ini bisa dibawa pulang ke rumah. Apalagi, hadiah ini juga dibagi rata kepara para peserta. Artinya, semua kebagian,” kata dia.

BACA JUGA : Berburu Ikan di Sungai Veteran dengan Senapan Angin

Sribudi Rahayu, warga Jalan Veteran pun mengaku senang bisa kembali menyaksikan lomba panjat pinang. Menurut dia, alangkah baiknya jika lomba ini juga diisi dengan aksi bersih-bersih sungai dan lingkungan.

“Saran saja ke depan lomba seperti bersih-bersih rumah. Mengecat pagar dan lomba tanam bunga. Mungkin akan lebih baik dan bermanfaat,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.