Unik, Lapas Tanjung Gelar Upacara Peringatan HUT RI Mengenakan Pakaian Adat

0

LEMBAGA Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjung di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022 dengan mengenakan pakaian adat Nusantara.

UPACARA peringatan yang pimpin Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas IIB Tanjung, Hazairin sebagai Inspektur Upacara tersebut, dilaksanakan di lapangan Lapas setempat, Rabu (17/8/2022).

Menurut Hazairin, ketentuan mengenakan pakaian adat Nusantara pada pelaksanaan upacara tersebut diwajibkan kepada petugas dan pegawai Lapas.

“Upacara juga diikuti Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) namun yang diwajibkan mengenakan pakaian adat hanya petugas saja,” ujarnya.

Ia mengatakan, peringatan HUT Kemerdekaan RI bukan sekedar seremoni belaka.

“Melainkan juga menjadi motivasi dan semangat untuk bangkit, sesuai tema HUT Kali ini, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat,” katanya.

Ia menambahkan, sebagai ASN Kemenkumham RI harus bisa bangkit dengan semakin PASTI dan BerAKHLAK serta bekerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.

“Kepada warga binaan kita juga mengimbau untuk tetap semangat mengikuti program pembinaan dengan menunjukkan sikap baik secara konsisten,” tambahnya.

Negara akan memberikan penghargaan kepada WBP yang mampu secara konsisten bersikap baik, salah satunya melalui pemberian remisi atau pengurangan masa hukuman.

Pada HUT Kemerdekaan RI ke 77 kali ini, Lapas Kelas IIB Tanjung memberikan remisi kepada 240 WBP dan empat diantaranya langsung bebas.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.