Sambangi Dusun Terpencil Dengan Trail, Pemkab Balangan Bersama BIN Kalsel Laksanakan Vaksinasi

0

PELAKSANAAN vaksinasi di Kabupaten Balangan terus digencarkan. Kali ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan bersama Badan Intelijen Negara (BIN)  daerah Kalimantan Selatan datangi pemukiman penduduk di pedalaman.

BIN daerah Kalsel dengan jajaran Dinkes Balangan dibantu warga desa setempat mendatangi Dusun Libaru Sungai, Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

Kawasan tersebut merupakan wilayah terpencil di Balangan yang berada di lereng pegunungan Meratus. Bahkan juga menjadi kawasan perbatasan.

BACA : Dukung Tercapainya Target Vaksinasi, BINDA Kalsel Kembali Gelar Vaksin Massal Di Balangan

Tidak mudah untuk menjangkau daerah ini. Jalan setapak dan melintas di jalur pegunungan membuat tim harus lebih ekstra mengerahkan tenaga. Dibutuhkan pula skill berkendara yang mumpuni untuk bisa sampai tujuan.

Dari ibu kota Kabupaten Balangan, yakni Paringin, jarak tempuh menuju Dusun Libaru Sungai bisa mencapai empat jam. Terlebih harus melewati medan pegunungan yang menantang dan hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua.

Kedatangan tim kesehatan dan anggota BIN Daerah Kalsel ke Libaru Sungkai disambut baik warga setempat.  Penduduk desa berkumpul di balai adat untuk vaksinasi sekaligus periksa kesehatan.

Ketua Adat wilayah Desa Binuang Santang, Gapure menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran tim vaksinasi yang memberikan pelayanan kesehatan dan vaksinasi Covid 19 bagi warga Dusun Libaru Sungkai.

BACA JUGA : Sasar Masyarakat Pedalaman Di Balangan, BIN Kalsel Gelar Vaksinasi

“Kedatangan tim vaksinasi ke tempat kami menggambarkan bentuk pelayanan mereka yang luar biasa, hingga ke wilayah terpencil seperti tempat ini,” kata Gapure, Rabu (17/8/2022).

Terlebih pada kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, masyarakat juga antusias berdatangan untuk memeriksakan kesehatan serta melakukan vaksinasi.

Sementara itu, Kepala BIN Daerah Kalsel, Brigjen Pol Dr Heri Armanto menjelaskan pihaknya tidak bisa hanya mengandalkan satu institusi saja, tetapi semua komponen harus bergerak bersama-sama untuk mensukseskan program vaksinasi Covid 19.

Gerak BIN katanya, hingga sekarang terus gencar memberikan fasilitas dan pelayanan agar vaksinasi Covid 19 terus berlanjut, sebagai upaya mendukung rencana pemerintah untuk mendorong transisi pandemi ke endemi.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.