Khawatir Terinfeksi Omicron, Besok Siswa yang Sakit di SDN Sungai Miai 7 Diswab Antigen

0

SISWA kelas 2A SDN Sungai Miai yang jatuh sakit akan segera dites swab antigen di Puskesmas Kayutangi. Ini demi memastikan agar sakitnya itu tidak terinfeksi Covid-19 varian Omicron atau lainnya.

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin Muhammad Ramadhan mengaku sudah memerintahkan agar tim tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Kayutangi segera melaksanakan tes usap pada area hidung.

Untuk diketahui, swab antigen atau rapid antigen merupakan pemeriksaan dengan mengambil sampel dari hidung untuk mendapat hasil cepat atau mendeteksi protein tertentu dari virus yang memunculkan respons kekebalan tubuh.

“Rencananya, besok (Kamis, 18/8/2022), siswa-siswa yang sakit di SDN Sungai Miai 7 akan dites swab antigen massal. Ini merupakan langkah antisipasi agar sakit yang diderita bukan terpapar Covid-19 varian Omicron,” ucap Kepala Dinkes Kota Banjarmasin Muhammad Ramadhan kepada jejakrekam.com, Rabu (17/8/2022).

BACA : Banyak Siswa Jatuh Sakit Di SDN Sungai Miai 7, Kadisdik Banjarmasin Minta Segera Diswab

Dengan tes cepat usap itu, diharapkan mantan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalsel ini bisa mengetahui apakah ada gejala Covid-19 varian Omicron atau tidak.

Dikutip dari Kompas.com, gejala umum Omicron adalah sakit kepala, pilek, bersin, sakit tenggorakan, demam ringan hingga keringat malam. Sedangkan dari laman Kemenkes.go.id, menyebut Omicron memicu gejala ringan seperti flu biasa, batuk, dan demam dengan penularan yang cepat.

“Saya mengimbau agar orangtua siswa bisa mengizinkan anaknya untuk diswab antigen di Puskesmas Kayutangi. Ini demi kesehatan anak-anak mereka,” kata Ramadhan.

BACA JUGA : Siswa Kelas 2 Dilaporkan Banyak Jatuh Sakit, Kepsek SDN Sungai Miai 7 Sebut Akibat Kena Hujan

Pengumuman bagi orangtua siswa SDN Sungai Miai 7 pun sudah beredar di jejaring WA. Pengumuman dari pihak sekolah itu meminta agar para orangtua mengantarkan anaknya ke Puskesmas Kayutangi dengann membawa fotokopi kartu keluarga (KK). Tercatat, ada 11 siswa kelas 2A SD berstandar nasional ini dilaporkan sakit, walau dugaan sementara akibat kena hujan sepulang sekolah pada Sabtu (13/8/2022) lalu.

BACA JUGA : Syarat Masuk SD-SMP di Banjarmasin, Calon Siswa Baru Harus Sudah Vaksinasi Covid-19

Seorang orangtua siswa SDN Sungai Miai 7 pun mengakui sudah mendapat pengumuman atau informasi dari pihak sekolah soal rencana tes swab antigen di Puskesmas Kayutangi pada Kamis (18/8/2022) besok.

“Kenapa yang sakit saja dibawa ke puskesmas, tidak di rumah saja untuk isolasi mandiri (isoman). Seharusnya seluruh siswa di SDN Sungai Miai 7 itu ikut tes swab antigen,” ucap orangtua siswa ini.

BACA JUGA : 82 Persen Warga Kalsel Terpapar Omicron, PPKM Level 3 Diberlakukan di 7 Kabupaten/Kota

Untuk diketahui, Banjarmasin saat ini masih dilanda penyebaran Covid-19 vairian Omicron. Berdasar data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel di laman https://corona.kalselprov.go.id/, dilaporkan per 17 Agustus 2022, tercatat masih ada 25 suspek.

Sedangkan, yang masih dirawat terdata  477  orang dari total kasus positif sebanyak 22.652  dengan rinciannya; sembuh 21.562 orang dan meninggal dunia 613 orang.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.