HUT Kemerdekaan RI, Puluhan Napi di Lapas Banjarbaru Bisa Menghirup Udara Bebas

0

WARGA Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Banjarbaru suguhkan karya seni olahan di Momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun sekaligus seremonial penerimaan remisi bagi WBP yang telah berkelakuan baik dan berkomitmen dalam mengikuti program-program dari UPT Pemasyarakatan, Rabu (17/8/2022).

KEPALA Lapas Kelas IIB Kota Banjarbaru, Amico Balalembang saat ditemui awak media usai acara mengungkapkan sebanyak 1.546 orang dari total 2.027 tahanan dan narapidana di Lapas II B Kota Banjarbaru mendapat remisi. Mereka kebanyakan didominasi kasus tindak pidana umum dan narkotika.

BACA : Kemerdekaan RI Ke-77, 6.958 WBP Di Kalsel Dapat Remisi, 225 Napi Langsung Bebas

Sementara itu, untuk napi yang langsung bebas sesuai SK (Surat Keputusan) ada 64 orang. “Tapi sebagian memiliki denda, jadi hanya 24 orang yang langsung bebas, sisanya harus menjalani masa kurungan dulu pengganti denda,” tuturnya.

Amico juga menyebutkan, dari seluruh warga binaan Lapas Kelas IIB Kota Banjarbaru yang mendapatkan remisi ada 1 napi kasus tindak pidana korupsi yang dibebaskan karena sudah melaksanakan kewajibannya, termasuk denda sudah dibayarkan.

Kerajinan tangan dari warga binaan di Rutan Banjarbaru yang diserahkan kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi menyampaikan selama masa binaan, WBP tersebut telah diberikan beragam program misalnya saja seperti pelatihan pengolahan barang bekas menjadi kerajinan seperti cinderamata yang diberikan waktu seremonial berlangsung. Hal itu dimaksudkan agar dapat menjadi bekal bagi WBP untuk bekerja setelah bebas dari Lapas.

“Mereka berhasil menyulap barang bekas menjadi kerajinan tangan bermutu dan bernilai jual tinggi, hal itu kiranya dapat menjadi salah satu bekal WBP setelah mereka bebas dari Lapas,” tandas Lilik.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.